Info

Bukan Sekadar Afeksi, Berciuman Juga Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan

Berciuman membantu terhubung dengan orang yang dicintai, tetapi tahukah Anda bahwa berciuman juga meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda?

Fita Nofiana

Ilustrasi berciuman. (Pixabay)
Ilustrasi berciuman. (Pixabay)

Himedik.com - Berciuman lebih dari sekadar ekspresi cinta. Berciuman juga meningkatkan kesehatan mental dan fisik, baik itu dengan mengurangi kecemasan, melawan gigi berlubang atau mengelola tekanan darah.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa manfaat ciuman pada kesehatan, antara lain:

1. Membuat bahagia

Saat Anda berciuman, otak Anda dipicu untuk melepaskan bahan kimia seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin yang membuat Anda merasa bahagia, gembira, dan menurunkan kadar kortisol (hormon pemicu stres). Ramuan hormon bahagia ini membantu menjaga perubahan suasana hati dan membuat Anda merasa gembira.

2. Mengelola stres dan kecemasan

Berciuman membantu mengurangi kadar kortisol, sehingga berpotensi meningkatkan perasaan peningkayan harga diri karena tingkat stres sedang menurun. Efek mengurangi stres dari ciuman memfasilitasi motivasi dalam perilaku dan mengurangi kecemasan.

3. Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol

Berciuman melebarkan pembuluh darah yang membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Ini terjadi saat detak jantung Anda meningkat saat berciuman, sehingga melebarkan pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah dan memicu penurunan tekanan darah Anda. 

Selain itu, saat kadar kortisol menurun saat Anda berciuman, kadar kolesterol juga menurun karena stres adalah kontributor utama.

4. Melawan gigi berlubang dan meningkatkan kekebalan tubuh

Karena air liur dikeluarkan saat Anda berciuman, plak pada gigi yang mengarah ke gigi berlubang akan hilang. Air liur membantu menghilangkan partikel penyebab rongga yang menempel di gigi Anda. 

Sekresi air liur juga dapat menyebabkan pertukaran bakteri baik, membuat Anda terpapar kuman yang memperkuat kemampuan sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi.

5. Membantu membakar kalori dan mengencangkan otot wajah

Meskipun Anda tidak dapat mengganti ciuman dengan sesi olahraga, ciuman memang membantu membakar 2-3 kalori per menit. Metabolisme Anda juga mendapat dorongan saat Anda berciuman, sehingga meningkatkan pembakaran kalori karena laju oksigen yang mengalir di dalam tubuh Anda meningkat seiring dengan peningkatan detak jantung. 

Berciuman melibatkan 3 hingga 35 otot wajah, memberikan latihan yang solid pada wajah Anda. Ini membantu mengencangkan otot-otot wajah Anda karena meningkatkan produksi kolagen, membuat wajah Anda terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Berita Terkait

Berita Terkini