Info

Nyeri Lengan Usai Vaksinasi, Apa Sih yang Sebenarnya Terjadi di Tubuh?

Nyeri lengan usai vaksinasi umum terjadi usai vaksinasi Covid-19.

Fita Nofiana

Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Salah satu efek yang paling sering yang terjadi pascavakinasi adalah adalah nyeri lengan. Tempat suntikan sering kali menjadi sakit, nyeri atau kadang-kadang bahkan membengkak karena peradangan. 

Melansir dari Medicinenet, ini juga merupakan salah satu laporan efek samping vaksin yang paling umum di seluruh dunia.

Efek samping dengan vaksin dapat muncul dalam beberapa cara, sebagian besar dalam bentuk reaksi sistematis dan inflamasi. Pada kebanyakan orang yang divaksinasi, nyeri di lengan tempat Anda ditusuk atau mengalami nyeri, kaku, kesulitan menggerakkan lengan bisa menjadi reaksi umum.

Rasa sakit dan nyeri di tempat suntikan sebenarnya adalah salah satu efek samping pertama yang muncul ketika Anda mendapatkan suntikan vaksin. Ini juga merupakan bagian dari respons lokal ketika Anda divaksinasi, yaitu efek yang muncul di tempat yang tepat di mana jab diberikan.

Reaksi yang menyebabkan nyeri lengan adalah contoh bagaimana tubuh pertama kali merasakan vaksin. Ketika Anda mendapatkan suntikan, tubuh menganggapnya sebagai cedera, seperti pendarahan atau luka dan mengirimkan sel kekebalan ke lengan dan melemaskan pembuluh darah. 

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Riau (Riau Online)
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Riau (Riau Online)


Sebagai bagian dari proses vaksinasi, sel-sel kekebalan juga menyebabkan peradangan yang nantinya membantu Anda melindungi dari patogen yang sama. Kondisi ini yang disebut para ahli sebagai 'reaktogenisitas' vaksin. Beberapa iritasi lengan juga berasal dari otot yang bereaksi terhadap sejumlah kecil cairan vaksin yang disuntikkan ke lengan.

Sebagian besar efek samping vaksinasi cenderung berlangsung selama 2-3 hari dan hal yang sama terjadi pada nyeri lengan setelah vaksinasi. Namun, jika Anda mungkin mengalami lebih banyak peradangan atau cenderung lebih sensitif terhadap rasa sakit, rasa sakit dapat meregang hingga 5 hari setelah vaksinasi.

Kelembutan dan rasa sakit secara langsung terkait dengan seberapa meradangnya lengan Anda. Sederhananya, semakin banyak peradangan yang Anda alami, semakin bengkak dan nyeri pada lengan Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini