Info

Satu Dosis Vaksin Covid-19 Hanya 10 Persen Efektif Lawan Varian Delta

Satu kali suntikan vaksin Covid-19 masih memberikan perlindungan sebesar 10 persen untuk melawan virus corona varian Delta.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Studi baru menyoroti pentingnya suntik vaksin Covid-19 sebanyak dua kali untuk melawan virus corona varian Delta. Terlebih, varian virus corona dinilai lebih mudah menular.

Suntikan penuh vaksin Covid-19 bisa membantu melemahkan efek varian virus corona ketika seseorang terinfeksi. Selain itu, vaksin juga akan menekan penyebarannya.

Tapi, para ilmuwan di Institut Pasteur di Paris menemukan satu kali suntikan vaksin Pfizer atau AstraZeneca hanya memberikan perlindungan 10 persen terhadap virus corona varian Delta.

Mereka juga menemukan kedua vaksin Covid-19 itu baru bisa memberikan perlindungan 95 persen terhadap virus corona varian Delta setelah suntikan kedua. Mereka menemukan hal ini dalam sampel yang mengembangkan antibodi penawar varian Delta.

"Kami telah mengisolasi varian Delta yang menular dari seorang pelancong yang kembali dari India. Kami memeriksa sensitivitasnya terhadap antibodi monoklonal (mAbs) dan antibodi yang ada dalam serum (serum darah) dari penerima vaksin Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh, lalu membandingkannya dengan jenis virus corona lainnya," kata para ilmuwan dikutip dari The Sun.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Serum darah dari pasien pemulihan itu dikumpulkan hingga 12 bulan setelah gejala muncul 4 kali lipat lebih kuat terhadap varian Delta, relatif terhadap varian Alpha (B.1.1.7).

Mereka pun menemukan serum darah dari orang yang sudah suntik vaksin Pfizer dan AstraZeneca sekali hampir tidak memberikan perlindungan terhadap varian Delta.

Meskipun satu kali suntikan vaksin Covid-19 bisa mencegah infeksi serius virus corona yang sebesar 94 persen dari vaksin Pfizer dan 71 persen dari vaksin AstraZeneca. Tapi, yang lebih baik adalah tidak tertular sama sekali.

Dua kali suntik vaksin Covid-19 akan membantu Anda berisiko kecil terinfeksi virus corona yang cukup lama atau menularkannya kepada seseorang yang belum terlindungi atau lebih rentan.

Penelitian lain menunjukkan perlindungan yang serupa dari hanya satu kali suntikan vaksin Covid-19 terhadap virus corona varian Delta.

Penelitian Inggris terbaru menemukan efektivitas dari satu suntikan Pfizer atau AstraZeneca hanya 33 persen pada penyakit simtomatik. Lalu, tingkag efektivitas ini akan meningkat menjadi 88 persen untuk vaksin Pfizer dan 60 persen untuk vaksin AstraZeneca.

Studi Perancis dalam jurnal Nature, juga menemukan varian Delta 4 kali lebih mungkin menembus antibodi perlindungan dari orang yang pernah terinfeksi virus corona sebelumnya dibandingkan varian Alpha.

Namun, dua kali suntikan dari vaksin Covid-19 yang digunakan di Inggris memberikan perlindungan signifikan terhadap kasus infeksi parah dan rawat inap.

Profesor Sir Andrew Pollard mengatakan jika penyakit parah dan rawat inap dapat dicegah, maka pandemi virus corona Covid-19 ini akan cepat usai.

Berita Terkait

Berita Terkini