Info

Cegah Diabetes Sejak Dini, Ini 5 Tips Penting

Meskipun orang tua berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes, anak-anak dan dewasa muda juga bisa menjadi mangsa kondisi ini

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makan pizza (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi makan pizza (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Penyakit diabetes identik dengan penyakit kronis yang rentan dialami oleh lansia, namun saat ini diabetes tak jarang menyerang mereka yang masih usia muda

Penyakit diabetes bisa menghantui Anda jika Anda tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Apalagi diabetes sampai saat ini masih menjadi penyakit yang diderita yang angkanya cukup tinggi di Indonesia.

Meskipun orang tua berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes, anak-anak dan dewasa muda juga bisa menjadi mangsa kondisi ini. Faktanya, ada beberapa hal tentang diabetes yang masih banyak yang belum disadari.

Dilansir melalui Asia One, berikut adalah lima cara untuk mencegah diabetes.

1. Perhatikan piring Anda

Diet seimbang adalah pertahanan pertama melawan diabetes.

Mengurangi gula dan biji-bijian olahan seperti nasi putih menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang lebih sehat, menurunkan peluang Anda terkena diabetes.

Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur meningkatkan metabolisme Anda, yang pada gilirannya membantu menurunkan kadar gula darah Anda.

Rata-rata, orang dewasa biasa harus melakukan 150 menit latihan aerobik intensitas sedang setiap minggu. Contoh kegiatan tersebut termasuk jalan cepat atau bersepeda santai.

Sebagai alternatif, Anda dapat melakukan 20 menit latihan aerobik intensitas tinggi, seperti berlari atau berolahraga seperti sepak bola dan bola basket, setidaknya 3 kali seminggu.

3. Berhenti Merokok

Selain banyak masalah kesehatan lain yang ditimbulkannya, merokok meningkatkan risiko terkena diabetes atau komplikasi terkait diabetes.

4. Belajar untuk bersantai

Stres dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang sebenarnya tidak kondusif untuk kadar glukosa darah Anda.

Cobalah untuk mencari jalan keluar untuk beristirahat dan bersantai (sebaiknya tidak dengan merokok).

5. Pergi untuk check-up

Meskipun mencoba menjalani gaya hidup yang lebih sehat dapat membantu mencegah diabetes, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk mengawasi kesehatan Anda.

Meskipun diabetes dapat dicegah, begitu Anda didiagnosis, diabetes hanya dapat dikendalikan dan tidak dapat disembuhkan.

(Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Berita Terkait

Berita Terkini