Info

Dokter Bantah Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Covid-19

Meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam dua minggu terakhir membuat banyak masyarakat Indonesia mencari cara alternatif.

Yasinta Rahmawati

Air kelapa (pixabay)
Air kelapa (pixabay)

Himedik.com - Dua minggu belakangan, Indonesia mengalami second wave kenaikan kasus Covid-19. Di media sosial pun ramai beredar banyak informasi tentang berbagai ramuan atau obat herbal yang diklaim mampu menangkal atau sebagai obat untuk menyembuhkan Covid-19.

Mulai dari susu beruang, air kelapa yang dicampur garam dan jeruk nipis hingga yang terbaru adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda.

Menanggapi hal tersebut, praktisi kesehatan dr. Farhan Zubedi melalui video yang diunggah diakun TikTok pribadinya @farhanzubendi menyatakan bahwa kabar khasiat air kelapa untuk menangkal dan menyembuhkan Covid-19 adalah hoaks.

Dikatakan, air kelapa tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan orang-orang yang telah terinfeksi oleh Covid-19.

"Itu adalah hoaks. Air kelapa memang bagus untuk tubuh kita tapi bukan buat nyembuhin Covid. Kalau kalian mau mengembalikan cairan elektrolit tubuh kalian seperti kalsium, kaliun atau natrium, minum air kelapa," ujarnya dalam video tersebut.

"Kalau kalian mau memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi sel tubuh bukan virus kalian bisa minum air kelapa. Lalu kalau kalian ingin mendapatkan magnesium untuk mengurangi kadar gula darah minum air kelapa,” lanjutnya.

Ia pun mengatakan bahwa, Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum air kelapa bisa mencegah timbulnya batu ginjal.

“Dan air kelapa juga sangat bermanfaat untuk orang yang darah tinggi karena kaliumnya bisa menurunkan hipertensi."

"Jadi kalau dibilang air kelapa bagus nggak sih buat tubuh kita, ya bagus banget. Jadi kalau mau dikonsumsi bukan untuk menyembuhkan Covid, tapi untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat,” ujarnya.

(Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Berita Terkait

Berita Terkini