Info

Masalah Kesehatan Bisa Dideteksi Lewat Wajah, Cek Sekarang!

Penampilan wajah seseorang bisa mendeteksi masalah kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi wajah. (Unplash/Coline Haslé)
Ilustrasi wajah. (Unplash/Coline Haslé)

Himedik.com - Semua orang pasti sangat memperhatikan wajahnya sebagai hal pertama yang akan dilihat dan dinilai oleh orang lain.

Tapi, banyak orang mungkin kurang sadar bahwa wajah bisa menggambarkan kondisi tubuh. Bila Anda sedang sakit, sedih atau depresi, wajah akan terlihat sangat kelelahan.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa masalah kesehatan yang bisa dilihat dari wajah.

1. Wajah dan mata kuning

Wajah dan mata kuning merupakan gejala penyakit kuning akut. Kondisi ini terjadi karena akumulasi banyak produk limbah dalam tubuh dan pecahnya sel darah merah.

Banyak masalah kesehatan serius lainnya bisa disertai dengan penyakit kuning, seperti infeksi virus hepatitis, mononucleosis, gangguan hati, kandung empedu, pancreas atau sirosis hati.

Ilustrasi penyakit kuning. (dok. Envato elements)
Ilustrasi penyakit kuning. (dok. Envato elements)

2. Rambut wajah rontok

Kerontokan rambut di area wajah, bulu mata dan alis bisa menjadi indikasi alopecia areata. Karena, sistem kekebalan menargetkan folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut pada wajah.

3. Mata bengkak

Umumnya, cairan di sekitar bawah mata bisa menyebabkan mata terlihat sedikit bengkak. Tapi, mata bengkak juga disebabkan oleh kurang tidur, asupan garam berlebih, perubahan hormonal, iklim panas dan lembab, otot melemah, reaksi alergi, sabun dan wewangian.

4. Bibir kering dan pecah

Bibir pecah-pecah atau kering sering terjadi terutama selama musim dingin. Petroleum jelly, minyak kelapa atau balsem dapat membantu melindungi dan melembabkannya. Hal ini juga terlihat pada masalah kesehatan tertentu, seperti dehidrasi, alergi atau reaksi terhadap obat steroid dan lainnya.

5. Tahi lalat

Tahi lalat bisa merupakan tanda lahir dan tidak berbahaya. Jika tahi lalat pada wajah terlihat abnormal yang sehubungan dengan warna dan bentuk. Anda perlu konsultasi dengan dokter karena bisa menjadi pertanda kanker.

Berita Terkait

Berita Terkini