Info

Redakan Sakit Gigi di Rumah, Konsumsi Lima Asupan Alami Berikut

Sakit gigi memang menyiksa, berikut berbagai asupan yang bisa membantu.

Fita Nofiana

Ilustrasi sakit gigi (southwelldental)
Ilustrasi sakit gigi (southwelldental)

Himedik.com - Sakit gigi sendiri akan sangat mengganggu, mulai dari membuat susah makan sampai bikin pusing. Padahal merasakan masalah gigi selama pandemi memang harus ekstra sabar, sebab tak semua dokter gigi mau membuka praktik.

Untungnya melansir dari Healthshots, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa membantu meredakan sakit gigi. Berikut adalah lima pengobatan rumahan untuk meredakan sakit gigi Anda antara lain:

1. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan sejak dahulu kala untuk mengobati sakit gigi karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. 

Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Sifat-sifat ini membantu mematikan saraf di gigi dan memberi Anda kelegaan dari rasa sakit.

Anda bisa memasukkan cengkeh ke dalam mulut dan mengunyahnya untuk memastikan minyaknya keluar. Selain itu, Anda bisa merendam beberapa tetes minyak cengkeh dalam bola kapas dan mengoleskannya ke area yang sakit.

Minyak cengkeh, salah satu herbal untuk obat gusi berdarah. (shutterstock)
Minyak cengkeh, salah satu herbal untuk obat gusi berdarah. (shutterstock)


2. Kumur air garam

Membilas mulut Anda dengan air garam hangat umumnya merupakan praktik kebersihan mulut yang baik. Jika Anda sakit gigi dan gusi bengkak, berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menghilangkan kotoran di rongga atau sela-sela gigi. 

Ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan.

3. Bawang putih

Bawang putih melepaskan senyawa antibakteri dan antimikroba yang dikenal sebagai allicin, cairan berminyak, yang merupakan pejuang penyakit alami. Hal ini dapat memberikan kelegaan dari sakit gigi. 

Buat pasta dari bawang putih yang dihancurkan dan oleskan ke gigi Anda. Anda juga bisa mengunyah sepotong siung bawang putih segar. 

4. Teh peppermint

Anda bisa meletakkan kantong teh peppermint dingin atau hangat di area yang sakit di mulut Anda. Ini akan membantu menenangkan gigi dan gusi Anda yang sakit. 

Teh peppermint dianggap baik untuk sakit gigi karena sifatnya yang melawan bakteri. Selain itu, teh ini juga mengandung mentol yang membantu dalam rasa sakit gigi mati rasa untuk sebagian besar.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

5. Kunyit

Kunyit terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menghilangkan rasa sakit jika terjadi infeksi. 

Tambahkan beberapa tetes air ke satu sendok teh bubuk kunyit untuk membuat pasta. Anda juga bisa oleskan langsung ke area yang terkena di mulut Anda dan diamkan selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas. 

Berita Terkait

Berita Terkini