Info

Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Jantung, Coba Cek 5 Hal Berikut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jantung yang sehat adalah tanda kesehatan yang baik secara keseluruhan, simak cara mudah mengetesnya.

Fita Nofiana

ilustrasi jantung sehat (better nutrition)
ilustrasi jantung sehat (better nutrition)

Himedik.com - Mengikuti gaya hidup yang seimbang adalah kunci untuk memiliki jantung yang sehat, sehingga mengetahui kondisinya tentu menjadi hal penting. Selain melakukan cek secara rutin, beberapa tanda jantung sehat bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

Melansir dari Healthshots,  berikut beberapa tanda bahwa jantung Anda sehat, antara lain:

1. Detak Jantung

Denyut jantung yang ideal terletak antara 60 hingga 100 denyut per menit. Beberapa orang yang berolahraga secara teratur memiliki detak jantung serendah 40 denyut yang merupakan pertanda bagus.

2. Tekanan Darah

Untuk yang belum tahu, tekanan darah ideal harus di bawah 120/80. Angka atas mengukur tekanan arteri, sedangkan angka bawah mengukur tekanan otot jantung Anda yang rileks. 

Apapun di atas 130/80 adalah tanda bahwa kesehatan jantung Anda berisiko.


3. Tingkat energi

Ada kalanya kita semua merasa lelah, tetapi jika Anda merasa terengah-engah sepanjang waktu, itu adalah tanda bahwa tingkat energi Anda tidak dalam kondisi yang baik. Itu karena jantung Anda tidak memompa cukup oksigen dan itu benar-benar tanda kekhawatiran.

4. Kolesterol

Sekali lagi, kolesterol merupakan indikator penting dari kesehatan jantung yang baik. Jika kadar LDL (kolesterol jahat) Anda terlalu tinggi, mungkin ada penyumbatan di arteri Anda yang dapat membatasi aliran darah. Ini berarti risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya otomatis meningkat.

5. Kesehatan mulut yang baik

Kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk kesehatan jantung yang baik. Jika Anda memiliki penyakit periodontal karena infeksi bakteri, gusi yang sakit dan berdarah, itu bisa menjadi tanda penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini