Info

Bisa Jadi Pengganti Daging, Ketahui 4 Manfaat Makan Tahu

Karena tahu merupakan sumber protein yang baik dan mengandung sedikit lemak serta tidak mengandung kolesterol, maka tahu bisa menjadi pengganti daging yang baik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tahu. (Pixabay)
Ilustrasi tahu. (Pixabay)

Himedik.com - Tahu merupakan makanan populer yang terbuat dari kacang kedelai. Seperti tempe, tahu sendiri dapat menjadi pengganti sehat dari daging, sebab tahu merupakan sumber protein yang berkualitas dan dikemas dengan berbagai mineral.

Makan tahu sangat baik bagi yang ingin diet maupun yang tidak, karena bermanfaat bagi otot, tulang bahkan jantung.

Dirangkum dari Live Strong, berikut berbagai macam manfaat makan tahu untuk kesehatan.

1. Sumber protein yang bagus

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memelihara otot, kulit, dan tulang. "Tahu itu bagus, protein berkualitas tinggi yang sangat terjangkau," kata Joan Salge Blake, EdD, RDN, seorang profesor klinis di Boston University.

"Hal ini (tahu) dapat digunakan sebagai pengganti daging atau protein yang benar-benar menyerap rasa dari masakannya," tambahnya.

Meskipun sebagian besar makanan nabati bukanlah protein lengkap, artinya mereka tidak memasok semua asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh sendiri seperti protein hewani, tahu adalah pengecualian dan dianggap sebagai protein lengkap.

Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)
Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)

2. Bermanfaat untuk jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, yang terbaik adalah memilih sumber protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, unggas dan ikan, produk susu rendah lemak, telur dan kacang-kacangan seperti kedelai.

Karena tahu merupakan sumber protein yang baik dan mengandung sedikit lemak serta tidak mengandung kolesterol, maka tahu bisa menjadi pengganti daging yang baik.

Senyawa tertentu dalam tahu itu sendiri mungkin memiliki efek melindungi jantung. Tahu kaya akan isoflavon, zat mirip estrogen yang diproduksi oleh tanaman kedelai yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurut American Heart Association.

3. Mendukung tulang yang kuat

Kalsium dibutuhkan untuk mempertahankan kerangka yang kuat, dan disimpan di tulang dan gigi Anda. Asupan kalsium yang rendah secara signifikan berhubungan dengan kepadatan mineral tulang yang rendah dan risiko yang lebih tinggi dari osteoporosis dalam studi Juli 2014 cross-sectional yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Jika selama ini banyak orang mengasosiasikan kalsium dengan susu, rupanya tahu juga menyediakan mineral penting ini. Tahu juga merupakan sumber mangan yang baik, mineral penting yang dibutuhkan untuk beberapa proses, termasuk perkembangan tulang dan penyembuhan luka.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampaknya pada kesehatan tulang secara keseluruhan.

4. Risiko kanker payudara lebih rendah

Setiap kenaikan 10 miligram isoflavon dalam kedelai setiap hari dikaitkan dengan 3 persen penurunan risiko kanker payudara pada meta-analisis dari wanita China di tahun 2019.

Hasil penelitian di European Journal of Epidemiology itu menunjukkan bahwa asupan kedelai tidak terkait dengan kanker payudara di kalangan wanita China, dan jumlah kedelai yang lebih tinggi bahkan dapat memberikan manfaat yang wajar untuk pencegahan kanker payudara.

Berita Terkait

Berita Terkini