Info

Orang yang Belum Vaksin Covid-19 Rentan Tertular, ini 3 Cara Pencegahannya!

Orang yang belum suntik vaksin Covid-19 harus melakukan beberapa tindakan pencegahan yang ketat.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Banyak orang masih belum suntik vaksin Covid-19 karena tidak memenuhi syarat dan faktor lainnya, meskipun sejumlah negara sudah berusaha gencar melakukan program vaksinasi.

Kelompok orang yang belum bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19, seperti ibu hamil dan anak-anak. Karena itu, mereka harus melakukan tindakan pencegahan yang ketat demi melindungi dirinya.

Apalagi, sekarang ini banyak bermunculan varian virus corona Covid-19 yang lebih menular. Orang yang belum suntik vaksin Covid-19 sudah pasti masuk kategori kelompok rentan terinfeksi.

Berikut ini dilansir dari Times of India, tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari varian virus corona ketika belum suntik vaksin Covid-19.

1. Pakai masker ganda

Karena varian virus corona sekarang lebih menular, orang yang belum vaksinasi harus berhati-hati. Sebaiknya, Anda menghindari berpergian keluar rumah jika tidak mendesak. Jika terpaksa, Anda harus menggunakan masker ganda untuk memberikan perlindungan ekstra.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

2. Jaga jarak sosial

Jarak sosial bisa membantu mengurangi risiko seseorang tertular virus corona Covid-19 dari orang lain. Jika Anda belum vaksinasi atau berada di tengah orang yang belum vaksin Covid-19, sebaiknya menjaga jarak demi melindungi diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

3. Jangan ikut-ikut negara lain yang sudah bebas Covid-19

Beberapa negara memang telah melonggarkan aturan pembatasan sosial dan menyatakan bebas dari Covid-19. Anda pasti ingin segera menyambut situasi yang tidak serba terbatas itu. Tapi, Ingatlah bahwa Anda masih berada di wilayah dengan kasus penularan virus corona tinggi sehingga terus patuhi protokol kesehatan.

Bila Anda termasuk orang yang memenuhi syarat untuk suntik vaksin Covid-19, lebih baik jangan menunda dan menolak untuk suntik vaksin.

Berita Terkait

Berita Terkini