Info

Hindari Kulit Sensitif, Cukupi Asupan 5 Vitamin Ini

Rendahnya tingkat Vitamin D terkait dengan kekeringan kulit dan dalam beberapa kasus dikaitkan dengan risiko psoriasis dan dermatitis atopik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi masalah kulit wajah - (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit wajah - (Shutterstock)

Himedik.com - Kekurangan asupan vitamin tak cuma berdampak pada tubuh, tapi juga kulit. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti kulit kusam, pigmentasi, kulit sensitif, kulit kering hingga produksi sebum yang berlebih.

Dirangkum dari The Healthsite, berikut beberapa dampak kekurangan vitamin yang berkontribusi untuk kesehatan kulit.

1. Vitamin D

Rendahnya tingkat Vitamin D terkait dengan kekeringan kulit dan dalam beberapa kasus dikaitkan dengan risiko psoriasis dan dermatitis atopik. Kurangnya konsumsi vitamin D diketahui dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan juga dapat membuat kulit menua lebih cepat.

Beberapa sumber makanan terbaik vitamin D yang bisa Anda konsumsi adalah jus jeruk, oatmeal, sereal, susu kedelai, susu sapi, salmon, jamur, dan kuning telur.

Hindari Kulit Sensitif, Cukupi Asupan 5 Vitamin Ini - 1

2. Vitamin E

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan beberapa gangguan kulit seperti kulit kering, penuaan dini dan munculnya kerutan. Asupan Vitamin E dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kondisi kulit.

Vitamin E dapat ditemukan di semua jenis sayuran berdaun hijau serta dalam buah-buahan seperti pepaya, dan buah-buahan kering serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Vitamin K

Rendahnya tingkat Vitamin K dapat menyebabkan masalah kulit seperti bintik hitam, bekas luka dan lingkaran di bawah mata. Selain itu kekurangan vitamin K juga menahan tubuh dalam penyembuhan dari masalah kulit seperti memar atau bengkak. Asupan Vitamin K dapat mengobati sejumlah kondisi maupun masalah kulit yang menyebabkan kulit sensitif.

Hindari Kulit Sensitif, Cukupi Asupan 5 Vitamin Ini - 2

4. Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat mendatangkan beragam masalah pada kulit. Seperti menyebabkan jerawat, ruam, kulit kering dan bersisik, bibir pecah-pecah, dan kerutan. Ini juga dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, produk perawatan pribadi, menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Vitamin B menawarkan segudang manfaat kesehatan kulit, tetapi dua yang paling signifikan adalah regenerasi sel dan menghilangkan stres.

5. Vitamin C

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit terlihat kering, meradang, keriput dan menyebabkan bintik-bintik penuaan. Jika Anda tidak memiliki cukup vitamin C, Anda bisa makan lebih banyak makanan seperti buah jeruk, stroberi, brokoli, bayam, dan minum jus jeruk.

Berita Terkait

Berita Terkini