Info

Musim Hujan Bisa Picu Koinfeksi Virus Corona dan DBD, Berbahayakah?

Musim hujan bisa meningkatkan risiko koinfeksi virus corona Covid-19 dan DBD yang gejalanya tumpang tindih.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@cottonbro)
Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@cottonbro)

Himedik.com - Flu musiman dan demam berdarah (DBD) adalah dua penyakit yang umum terjadi pada musim hujan. Sedangkan, koinfeksi virus corona Covid-19 sekaligus demam berdarah ketika musim hujan bisa memperburuk kondisi pasien.

Koinfeksi sendiri adalah kondisi ketika seseorang tertular dua penyakit atau lebih pada waktu bersamaan.

Artinya, infeksi simultan sel sehat oleh dua atau lebih partikel virus. Selama pandemi virus corona Covid-19, banyak kasus koinfeksi telah terjadi. Sedangkan, kasus demam berdarah juga kemungkinan meningkat selama musim hujan.

Sehingga, infeksi simultan virus corona Covid-19 dan demam berdarah merupakan tantangan baru yang akan dihadapi oleh para tenaga medis. Karena itu, Anda perlu memahami risiko koinfeksi tersebut.

Sebelumnya dilansir dari Times of India, virus corona Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang sudah merenggut banyak nyawa selama hampir dua tahun terakhir. Virus corona ini cukup sulit diatasi karena masih baru.

demam berdarah. (Shutterstock)
demam berdarah. (Shutterstock)

Bila seseorang terinfeksi virus corona Covid-19 sekaligus demam berdarah, para ahli percaya bahwa infeksi simultan dari kedua penyakit itu bisa mempersulit pengobatan.

Selain itu, gejala virus corona Covid-19 dan demam berdarah juga terkadang tumpang tindih sehingga bisa menyebabkan kebingungan dan keterlambatan diagnosis.

Demam berdarah dan virus corona Covid-19 adalah kedua penyait yang bisa menyebabkan kebingungan sehingga dokter sulit mengidentifikasi penyebabnya,

Demam, kelelahan, sakit kepala, nyeri sendi dan otot adalah beberapa gejala umum demam berdarah, tetapi juga terjadi pada pasien virus corona Covid-19. Bahkan, penderita demam berdarah juga bisa mengalami mual dan muntah.

Gejala umum virus corona Covid-19 lainnya, seperti ruam kulit pun terjadi pada pasien yang terjangkit virus dengue atau demam berdarah.

Meskipun sulit untuk membedakan antara demam berdarah, kelalahan dan nyeri tubuh, ada beberapa gejala tambahan virus corona Covid-19 yang bisa membantu Anda mengidentifikasi penyebabnya.

Virus corona Covid-19 biasanya juga akan menyebabkan batuk kering, sakit tenggorokan, kehilangan indera penciuman dan rasa. Tapi, seseorang juga bisa menderita demam berdarah sekaligus virus corona Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini