Info

Waspada, Kondisi Bibir Bisa Jadi Tanda Berbagai Masalah Kesehatan Berikut

Berbagai kondisi bibir yang tak biasa bisa menjadi tanda masalah kesehatan berikut.

Fita Nofiana

ilustrasi bibir pecah-pecah (orami)
ilustrasi bibir pecah-pecah (orami)

Himedik.com - Bibir mungkin menjadi bagian tubuh yang tak terlalu diperhatikan dan tak dicurigai sebagai tanda masalah kesehatan serius. Padahal masalah di bibir bisa jadi tanda berbagai masalah kesehatan.

"Meskipun tidak setiap gejala baru ada pada bibir, Anda perlu memperhatikannya karena beberapa penyakit serius menunjukkan tanda-tanda melalui bibir," kata  Dr. Annie Gonzalez, M.D., FAAD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology seperti yang dikutip dari Bustle

Melansir dari Bustle, berikut beberapa tanda masalah kesehatan yang ditandai pada kondisi bibir, antara lain:

1. Bibir Kering

Jika bibir Anda selalu kering dan pecah-pecah, itu bisa berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan Anda.

"Anda mungkin pernah mengalami bibir kering pada satu waktu atau yang lain," kata  Susan Massick, dokter kulit bersertifikat di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan kepada Bustle

Ilustrasi bibir kering [shutterstock]
Ilustrasi bibir kering [shutterstock]


"Ketika kulit Anda kekurangan kelembapan, itu menjadi kering dan hal yang sama terjadi pada bibir Anda," imbuhnya. 

2. Retak Di Sudut Bibir

Mengembangkan retakan di sudut mulut Anda bisa menjadi hal biasa, meskipun tidak menyenangkan. Tapi apa arti retakan berkepanjangan pada bibir Anda?

Retak-retak ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai permulaan, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut acnitic cheilitis di mana retakan merupakan tanda perubahan prakanker pada bibir yang biasanya akibat paparan sinar matahari kronis. 

"Kondisi ini berisiko kanker kulit jika tidak diobati," kata Massick. 

Cheilitis adalah kondisi lain di mana luka yang menyakitkan terbentuk di sudut dan terkadang di dalam mulut Anda. Mereka dapat disebabkan oleh malnutrisi atau infeksi jamur (dan dapat diobati dengan krim antijamur). 

Down Sindrom, diabetes, dan penyakit autoimun seperti penyakit Crohn atau Sindrom Sjögren dapat meningkatkan risiko terkena kondisi ini. 

Ilustrasi bibir. (Shutterstock)
Ilustrasi bibir. (Shutterstock)

3. Bibir Pucat Atau Perubahan Warna

Jika bibir Anda berubah dari kemerahan menjadi merah muda pucat, itu bisa menandakan kekurangan vitamin atau bahkan kanker kulit. Pucat yang tiba-tiba bisa menjadi tanda anemia defisiensi besi, yaitu ketika sel darah Anda tidak memiliki bahan yang mereka butuhkan untuk membuat hemoglobin.

Periode menstruasi yang berat atau kehilangan darah lainnya, serta kehilangan nutrisi juga dapat menyebabkan anemia.

"Bibir pucat atau berubah warna berarti darah beroksigen tidak mencapai area bibir," kata Dr Massick.

Bibir biru dapat menunjukkan anemia atau kemungkinan penyakit jantung, sedangkan bibir kuning dapat berarti Anda memiliki masalah dengan hati.

4. Pembengkakan Bibir

Bibir yang bengkak secara alami bisa menjadi tanda reaksi alergi terhadap produk kosmetik atau makanan. Coba ganti apapun yang Anda curigai menyebabkan pembengkakan atau nyeri tekan.

Jika tidak hilang atau menghalangi kemampuan Anda untuk bernapas atau makan, kunjungi dokter kulit Anda.

5. Terbakar atau Kesemutan

Jika Anda mengalami bibir terbakar atau kesemutan tanpa sebab maka itu bisa menjadi sinyal masalah yang lebih besar. Rasa terbakar di bibir, tenggorokan, dan lidah telah dikaitkan dengan defisiensi B-12, depresi dan kecemasan, serta menopause. 

Berita Terkait

Berita Terkini