Info

Termasuk Yogurt, Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Usus

Syarat usus yang sehat adalah keberadaan mikrobioma usus baik

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi yogurt.
Ilustrasi yogurt.

Himedik.com - Kesehatan usus dan pencernaan yang sehat adalah dua hal yang saling terkait. Dengan usus yang sehat, maka nutrisi yang Anda santap akan terserap dengan baik, Anda akan buang air besar secara teratur, dan mampu mempertahankan berat badan yang stabil.

Syarat usus yang sehat adalah keberadaan mikrobioma usus baik yang dapat membantu menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jika tidak ada mikrobioma baik ini, Anda bisa memiliki berbagai masalah kesehatan seperti kembung, peradangan, diabetes, obesitas, kurang energi, dan jerawat.

Nah, tahukah Anda, ternyata ada makanan yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan usus, misalnya makanan yang difermentasi dan makanan probiotik. Dilansir melalui Pinkvilla, berikut adalah 5 makanan yang harus Anda sertakan dalam diet untuk usus yang sehat.

1. Yogurt
Yogurt adalah probiotik yang terdiri dari bakteri ramah usus. Yogurt membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus dan membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Yogurt juga sangat bagus untuk menurunkan bakteri jahat di usus, lho.

Yogurt. (pixabay)
Yogurt. (pixabay)

2. Mangga
Mangga adalah makanan berserat tinggi yang bagus untuk usus Anda. Serat membuat bakteri baik tetap hidup di usus dan membantu meningkatkan kesehatannya. Serat juga berfungsi mengurangi lemak tubuh dan mengontrol kadar gula darah.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan usus karena mengandung sifat antivirus dan antibakteri. Asam lemaknya juga membantu membunuh bakteri dan memulihkan tingkat keasaman di perut Anda.

Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)
Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)

4. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu mengurangi bakteri jahat di usus. Bawang putih juga merangsang produksi bakteri baik di usus Anda dan menghilangkan racun dari dalam usus.

5. Cokelat
Cokelat mengandung polifenol, bahan kimia organik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

(Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Berita Terkait

Berita Terkini