Info

Jangan Sering-Sering, 4 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Kekebalan Tubuh

Kurang tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh lho.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi kurang tidur.
ilustrasi kurang tidur.

Himedik.com - Meningkatkan kekebalan tubuh kini menjadi fokus banyak orang di tengah pandemi. Entah itu dengan cara menjaga kebersihan, mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, atau mencoba berbagai ramuan tradisional.

Tetapi tahukah Anda bahwa beberapa kebiasaan buruk ternyata dapat menurunkan kekebalan tubuh? Dilansir dari Indian Express, inilah 4 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

1. Kurang tidur
Tubuh melepaskan sitokin, sejenis protein yang membantu fungsi kekebalan tubuh. Namun sitokin hanya diproduksi saat tidur. Jadi, kurang tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh.

2. Kurangnya asupan buah dan sayuran
Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak mineral, seperti seng, serta vitamin seperti beta-karoten, vitamin A, C, E, dan nutrisi lain yang membantu pembentukan sel darah putih atau leukosit. Seperti yang Anda tahu, sel darah putih ibarat prajurit yang akan memerangi penyakit yang masuk ke dalam tubuh Anda.

buah dan sayur (shutterstock)
buah dan sayur (shutterstock)

3. Kurang vitamin D
Reseptor vitamin D hadir pada banyak jenis sel kekebalan tubuh dan berfungsi secara aktif untuk mencegah infeksi.

4. Kurang olahraga
Latihan aerobik membantu darah mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih efisien, yang berarti zat pelawan kuman akan sampai ke tempat di mana mereka butuhkan.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini