Info

Banyak Manfaatnya, Yuk Sering Bersihkan Lidah untuk Jaga Kesehatan Mulut

Berikut beberapa manfaat membersihkan lidah secara teratur, apa saja?

Fita Nofiana

Ilustrasi warna lidah. (unsplash)
Ilustrasi warna lidah. (unsplash)

Himedik.com - Membersihkan lidah Anda penting untuk menjauhkan bakteri jahat serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat penyebab bau seperti bakteri, kotoran, jamur, sel-sel mati, dan racun lainnya dari permukaan lidah.

Melansir dari Healthshots,  berikut enam manfaat kesehatan yang Anda dapatkan jika sering membersihkan lidah, antara lain:

1. Indera perasa yang lebih baik

Menggosok lidah dua kali setiap hari dapat meningkatkan indera perasa Anda. Kebiasaan ini menghilangkan sel-sel mati dan zat yang tidak diinginkan lainnya, sehingga menjaga langit-langit mulut Anda tetap segar dan membuat Anda dapat membedakan dengan lebih baik antara sensasi pahit, manis, asin, dan asam.

2. Menghilangkan bakteri

Bakteri adalah sumber dari banyak masalah kesehatan mulut Anda seperti kerusakan gigi dan bau mulut. Membersihkan lidah Anda dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik yang tepat di mulut Anda. 

Ilustrasi lidah, pria (Pixabay/alehidalgo)
Ilustrasi lidah, pria (Pixabay/alehidalgo)

3. Pencernaan yang lebih baik

Pencernaan makanan dimulai dari mulut. Enzim yang ada dalam air liur memecah makanan agar mudah dicerna oleh usus. Dalam hal ini, membersihkan lidah penting untuk pencernaan karena membantu mengaktifkan enzim yang relevan diperlukan untuk pencernaan makanan.

4. Mengaktifkan organ

Menggunakan pembersih lidah setiap hari membantu tubuh menghilangkan racun yang menumpuk di mulut Anda dalam semalam. Ini juga dengan lembut mengaktifkan dan membangunkan organ dalam, memastikan Anda memulai hari dengan perasaan segar dan bersih.

5. Menghilangkan bau mulut

Sel-sel mati, bakteri atau kotoran di lidah Anda dapat menyebabkan bau mulut. Sebuah penelitian tahun 2005 menunjukkan bahwa menggunakan membersihkan lidah dua kali sehari selama tujuh hari mengurangi insiden keseluruhan bakteri streptokokus dan laktobasilus mutans di mulut.  Jenis bakteri ini diketahui menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi.

Ilustrasi bau mulut [shutterstock]
Ilustrasi bau mulut [shutterstock]

6. Penambah kekebalan tubuh

Membersihkan lidah adalah metode yang meningkatkan kebersihan mulut. Kebersihan mulut sendiri memengaruhi sistem kekebalan Anda. Bakteri di mulut Anda memiliki efek penekanan kekebalan. 

Ketika ada penumpukan racun dan bakteri jahat di mulut Anda, kondisi tersebut akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan membuatnya bekerja terus menerus melawan bakteri jahat. Oleh karena itu, lidah Anda adalah garis pertahanan pertama dalam tubuh Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini