Info

Batuk Kering dan Berdahak Setelah Pemulihan Covid-19, Begini Mengatasinya!

Beberapa pasien tetap mengalami batuk kering dan berdahak setelah masa pemulihan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi lelaki batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki batuk. (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 berkepanjangan telah dialami oleh sejumlah pasien. Kebanyakan pasien mengalami batuk kering maupun batuk basah setelah pulih dari Covid-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pasien virus corona Covid-19 ringan hingga sedang biasanya sembuh dalam 10 hari. Sedangkan, pasien dengan infeksi parah hingga kritis biasanya membutuhkan waktu 20 hari untuk pulih.

Tapi, pasien bisa kembali menjalani rutinitas hariannya secara normal tergantung pada kerusakan paru-paru dan jaringannya. Orang yang telah menderita penyakit kronis sebelum terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin akan melalui waktu yang lebih lama.

Meskipun Anda sudah tak sabar menjalani rutinitas harian dan merasa sehat, tubuh Anda tetap masih rentan terhadap penyakit atau infeksi penyakit lainnya.

Anda bisa saja mengalami infeksi ulang virus corona Covid-19. Karena itu, konsultasikan dengan dokter mengenai lamanya waktu Anda perlu isolasi mandiri setelah sembuh.

Ilustrasi virus corona Covid-19, batuk (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona Covid-19, batuk (Pixabay/mohamed_hassan)

Karena, Anda memang harus terus melalukan isolasi mandiri sampai pulih dari virus corona sekaligus mengobati batuk kering atau basah akibat Covid-19. Jika Anda mengalami batuk berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Namun dilansir dari Times of India, beberapa hal di bawah ini bisa membantu meredakan batuk kering atau batuk basah setelah pulih dari virus corona Covid-19.

1. Istirahat penuh

Anda bisa istirahat lebih lama setelah pulih dari Covid-19 untuk meredakan batuk, sebelum kembali ke rutinitas sekolah atau pekerjaan kantor. Jika tenggorokan penuh dengan dahak, cobalah tidur dalam posisi miring daripada telentang karena akan membantu mengeluarkan dahak dalam tenggorokan.

2. Latihan pernapasan

Banyak pasien Covid-19 mengalami masalah pernapasan selama pasca pemulihan. Anda bisa melakukan latihan pernapasan yang fokus untuk mengembalikan masalah pernapasan Anda.

Anda bisa menarik napas 5 detik dan menghembuskannyaselama 10 detik. Anda harus fokus pada pernapasan, sehingga bisa menjaga hidung dan tenggorokan bersih dari dahak.

3. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Dahak yang mengumpul di tenggorokan sangat membuat ketidaknyamanan. Karena itu, jagalah tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa minum air hangat, sup, teh, herbal dan kadha yang bisa meringankan dahak.

4. Olahraga teratur

Meskipun tubuh terasa lemah dan lelah, olahraga bisa membantu mengembalikan kondisi kesehatan Anda. Mulailah dengan olahraga ringan dan perlahan-lahan tingkatkan. Olaharaga bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

Berita Terkait

Berita Terkini