Info

Mau Tingkatkan Kolesterol Baik, Yuk Konsumsi 3 Jenis Asupan Berikut

Beberapa makanan berikut dikenal bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

Fita Nofiana

Alpukat. (pixabay/silverstylus)
Alpukat. (pixabay/silverstylus)

Himedik.com -  High-density lipoprotein (HDL) atau biasa disebut kolesterol baik adalah jenis kolesterol yang bisa  membantu menghilangkan kolesterol ekstra dan penumpukan plak di arteri. 

Melansir dari Healthshot, kolesterol baik memfasilitasi transfer penumpukan plak ke jantung.  Fungsi ini mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit terkait.

Kadar HDL idealnya harus sekitar 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih, dan tidak boleh turun di bawah 40 mg/dL. Selain faktor medis seperti obesitas, diabetes, dan merokok, pola makan juga berperan besar dalam menentukan kadar HDL.

Berikut tiga jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik, antara lain: 

1. Polong-polongan 

Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)


Polong seperti buncis, lentil, dan kedelai mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Kaempferol adalah antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan telah terbukti memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis. 

Mereka juga merupakan sumber folat, magnesium, dan potasium yang baik dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang merusak dan meningkatkan kadar HDL.

Kacang-kacangan jenis ini tidak hanya akan meningkatkan kadar kolesterol baik tetapi juga menurunkan kolesterol jahat. 

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang seperti walnut, almond, dan kacang mete merupakan sumber asam folat yang baik. Mereka juga mengandung magnesium, zat besi dan lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energi. 

Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)

Biji-bijian seperti rami, labu dan chia mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, biji ini juga merupakan sumber yang kaya akan magnesium, serat, dan asam lemak omega-3. Profil nutrisi padat ini membantu menangkal penyakit jantung dan meningkatkan kadar HDL. 

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga dilengkapi untuk melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama proses metabolisme.

3. Alpukat

Alpukat melawan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol HDL dan merupakan sumber magnesium.

Buah ini juga mengandung potasium, vitamin B dan K yang merupakan sumber serat yang sangat baik, sehingga membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Alpukat memiliki kandungan folat dan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang menurunkan kadar LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini