Info

Siapa Sangka, Lima Perabot Rumah Berikut Bisa Picu Masalah Kesehatan

Berikut lima perabotan rumah yang malah bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Fita Nofiana

Ilustrasi wajan anti lengket (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi wajan anti lengket (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Beberapa alat rumahan Anda bisa mengandung bahan kimia yang bisa berefek pada kesehatan. Sebab banyak perabotan rumah tangga yang mengandung PFA (Zat Per-and Polyfluoroalkyl) juga dikenal sebagai 'Forever Chemicals' karena lama terurai di lingkungan dan tubuh. 

Paparan jangka panjang terhadap PFA dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko beberapa kanker, berat lahir rendah, dan masalah dengan sistem tiroid dan kekebalan tubuh.

Terlepas dari dampak mereka yang berpotensi beracun, bahan kimia ditemukan dalam beberapa barang rumah tangga umum. Melansir dari Insider, berikut beberapa peralatan rumah tangga yang bisa berefek pada kesehatan tanpa disadari, antara lain:

1. Wajan atau teflon anti lengket

Ilustrasi teflon (unsplash @margobr)
Ilustrasi teflon (unsplash @margobr)


Hingga 2013, produk Teflon dibuat dengan PFOA, sejenis PFA yang telah dikaitkan dengan pemicu masalah kesehatan seperti peningkatan risiko beberapa kanker, berat badan kelahiran rendah, dan berkurangnya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sebagian besar produk anti lengket yang dibuat hari ini bebas PFOA, tetapi itu tidak berarti tidak terikat oleh lebih dari 4.700 PFA baru yang dibuat untuk menggantikannya.

Beberapa PFA baru juga dikenal sebagai PFA rantai pendek yang telah dikaitkan dengan berbagai risiko masalah kesehatan. 

2. Perabot atau karpet anti-noda

Perabotan dan karpet Anda bisa menjadi tempat bahan kimia PFA yang berbahaya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa pelapis tahan noda yang digunakan pada karpet, pelapis, dan kain lainnya mungkin sarat dengan PFA.

Jika Anda memiliki bayi atau balita di rumah, sangat penting untuk mempertimbangkan bahan kimia yang berada di karpet Anda. Karpet adalah sumber utama PFA paparan untuk anak-anak kecil yang cenderung meletakkan tangan mereka di mulut mereka setelah menyentuh material.

"Orang dewasa mungkin akhirnya menelan PFA secara tidak sadar di rumah mereka. Bahan kimia dalam perabotan dan karpet Anda dapat mencemari debu rumah yang Anda hirup seiring waktu," kata Anna Reade, ilmuwan staf dengan Dewan Pertahanan Sumber Daya Nasional, mengatakan pada konferensi EWG PFAS.

3. Perlengkapan anti-air

Saat mengenakan pakaian anti-air seperti jas hujan, maka tanpa disadari Anda menggunakan bahan yang berbahaya bagi lingkungan.

Jas hujan. (Shutterstock)
Jas hujan. (Shutterstock)


4. Wadah tahan minyak

Wadah tahan minyak seperti bungkus kentang goreng McDonald memiliki indikator PFA. Bahan kimia digunakan untuk membuat kertas atau wadah karton yang tahan terhadap minyak.

5. Kosmetik, terutama produk tahan air atau tahan lama

Lebih dari tiga perempat maskara tahan air, hampir dua pertiga lipstik cair, dan lebih dari setengah produk mata dan bibir memiliki indikator PFA dalam penelitian terbaru.

Banyak dari produk-produk tersebut dipasarkan sebagai tahan air atau tahan lama yang menggunakan bahan PFA.

Berita Terkait

Berita Terkini