Info

Catat! Ini 2 Kriteria Sembuh dari Covid-19

Kriteria sembuh dari Covid-19 perlu diketahui oleh penderitanya terutama bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lockdown, isolasi mandiri, Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi lockdown, isolasi mandiri, Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah mungkin masih bingung kapan waktunya sudah dikatakan sembuh dari Covid-19.

Kriteria sembuh Covid-19 ini sendiri disampaikan oleh dokter spesialis penyakit dalam di Surabaya, dr. RA Adaninggar, SpPD melalui ABC Indonesia. Setidaknya ada dua syarat atau kriteria yang harus dipenuhi untuk seorang penderita Covid-19 dinyatakan sembuh, yakni:

Kriteria Sembuh Covid-19

1. Telah melewati masa penularan

Dilansir oleh WHO dan Kemenkes secara langsung, bahwa masa penularan Covid-19 sendiri berlangsung selama 10 hari. Maka dari itu, isolasi mandiri yang disarankan adalah 10 hari atau lebih, untuk memastikan virus sudah tak lagi menular melalui media yang mungkin digunakan.

2. Gejala klinis pada penderita sudah benar-benar hilang

Gejala ini misalnya seperti demam tinggi, batuk kering, rasa lelah terus menerus, nyeri tenggorokan, diare, mata merah, sakit kepala, anosmia, dan lain-lain. Jika gejala-gejala ini sudah hilang selama 10 hari isolasi mandiri, maka penderita bisa dikatakan sembuh dari Covid-19.

Namun jika penderita masih mengalami gejala covid-19 padahal sudah menjalani isoman selama waktu yang ditentukan, maka segera konsultasi ke dokter.

Jika anda dinyatakan sudah masuk dalam kriteria sembuh Covid-19, maka apa hal yang perlu dilakukan setelah isoman?

Pengecekan Kembali

Sebenarnya, pengecekan kembali setelah masa isolasi mandiri selama 10 hari ditambah 3 hari ini tidak diperlukan, untuk penderita Covid-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala. Namun untuk orang yang bergejala sedang atau berat yang harus mendapat perawatan serius di rumah sakit, maka pengecekan diperlukan untuk memastikan pulihnya kondisi tubuh dari serangan virus tersebut.

Berbeda dengan OTG atau orang bergejala ringan, penderita Covid-19 dengan gejala sedang sampai berat direkomendasikan mengunjungi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif guna pemulihan yang dilakukan.

Itulah dua kriteria sembuh dari Covid-19 dan apa yang harus dilakukan usai isoman. Meski sudah dinyatakan sembuh, masyarakat tetap diimbau menerapkan prokes dengan ketat selama pandemi covid-19 masih berlangsung. 

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini