Info

Ini 5 Makanan untuk Atasi Bau Mulut Tidak Sedap

Selain sikat gigi teratur, ada beberapa makanan yang bisa bantu redakan bau mulut.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tertawa atau gigi sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi tertawa atau gigi sehat. (Shutterstock)

Himedik.com - Bau mulut tidak sedap tentu dapat menurunkan kepercayaan diri, di sisi lain juga akan mengganggu orang lain. Untuk menghindarinya, disarankan rajin menggosok gigi dengan pasta gigi berflourida.

Tapi selain sikat gigi teratur, ada beberapa makanan yang bisa bantu redakan bau mulut. Dilansir dari Live Strong, berikut di antaranya.

1. Buah Apel

Buah apel yang punya tekstur renyah dan berair ini bisa membantu menghilangkan bakteri akibat sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Kandungan polifenol dalam apel juga menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)
Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau membantu menyeimbangkan tingkat pH mulut, sehingga menjaga mulut Anda tidak terlalu asam. Ini adalah hal penting karena area dalam mulut yang lebih asam akan menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kangkung mengandung klorofil, pewangi alami yang menetralkan bau mulut tak sedap.

3. Peterseli, kemangi/basil, mint

Selain memberi sensasi segar, daun-daun ini memiliki enzim untuk mengikat senyawa yang mengandung belerang dan membantu menetralkan bau.

Peterseli. (Shutterstock)
Peterseli. (Shutterstock)

4. Jahe

Selama ini jahe populer dijadikan minuman hangat untuk mengatasi sakit perut dan tidak enak badan. Namun ternyata jahe juga bisa melawan bau mulut. Senyawa gingerol-6 di dalam jahe merangsang enzim dalam air liur kita yang memecah senyawa yang mengandung belerang yang berbau tidak sedap,

5. Yogurt

Makanan probiotik seperti yogurt sangatlah baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Di sisi lain, yogurt menjadi sumber kalsium yang meningkatkan enamel, sehingga membantu memerangi bakteri lain di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut. Pastikan untuk memilih yogurt rendah gula.

Berita Terkait

Berita Terkini