Info

Gejala Virus Corona Covid-19 Mirip RSV, Kenali Perbedaannya!

Virus corona Covid-19 dan RSV memiliki gejala yang hampir mirip, sehingga perlu dikenali gejalanya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19 dan RSV. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona Covid-19 dan RSV. (Pixabay)

Himedik.com - Di tengah eningkatnya kasus virus corona Covid-19 varian Delta, penyakit Respiratory Syncytial Virus (RSV) menjadi ancaman baru yang membuat semua orang kesulitan membedakan gejala keduanya.

Berdasarkan laporan, kasus RSV dan virus corona Covid-19 ini terus meningkat. Sedangkan, kedua virus pernapasan itu memiliki beberapa gejala yang sama.

Menurut data federal, kasus RSV tercatat hanya 3 persen pada bulan Juni 2021, sebelum akhirnya meningkat 13 persen pada pertengahan Juli 2021. Sementara itu, AS baru saja mencatat 103.455 infeksi virus corona Covid-19 harian dengan rata-rata tujuh hari sekitar 89.463 kasus per hari.

Artinya, Dr. Rochelle Walensky , direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan ada peningkatan 43 persen kasus dari rata-rata 7 hari sebelumnya.

Virus corona Covid-19 adalah virus pernapasan yang terkait dengan berbagai gejala. Seseorang biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu untuk pulih sepenuhnya dari virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Kebanyakan orang yang sembuh dari virus corona Covid-19 mengalami gejala berkepanjangan yang disebut Long Covid-19. Bahkan ada pula beberapa kelompok yang mungkin mengalami infeksi parah akibat Covid-19, seperti kelebihan berat badan, usia lanjut dan memiliki masalah kesehatan mendasar.

Tapi dilansir dari Fox News, Anda perlu memahami dengan baik gejala virus corona Covid-19 karena bisa menyerupai dengan penyakit lainnya, seperti:

  1. Demam atau kedinginan
  2. Batuk
  3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  4. Kelelahan
  5. Nyeri otot atau tubuh
  6. Sakit kepala
  7. Kehilangan rasa dan bau
  8. Sakit tenggorokan
  9. Hidung tersumbat
  10. Mual, muntah dan diare

Sementara itu, RSV adalah virus pernapasan yang biasanya menyebabkan gejala ringan, seperti pilek. Menurut CDC, sebagian besar anak-anak kemungkinan mengalami infeksi RSV pada usia 2 tahun.

Sedangkan, sebagian orang dewasa bisa pulih dalam satu hingga dua minggu ketika terinfeksi RSV. Umumnya, RSV bisa berbahaya bagi bayi dan orang tua.

Pada bayi usia di bawah 1 tahun, RSV adalah penyebab paling umum dari bronkiolitis dan pneumonia, gejala RSV biasanya datang secara bertahap, seperti:

  1. Pilek
  2. Nafsu makan turun
  3. Batuk
  4. Bersin
  5. Demam
  6. Mengi

Berita Terkait

Berita Terkini