Info

Ahli: Vaksin Flu Turunkan Risiko Stroke Akibat Virus Corona Covid-19

Ahli mengatakan vaksin flu bisa menurunkan risiko stroke karena virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Para penelitian menemukan vaksin flu musiman bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan bawaan manusia, sehingga mampu melindungi kita dari virus corona Covid-19.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Plot One, menganalisis catatan elektronik lebih dari 74.000 orang yang dites positif virus corona Covid-19. Mereka memeriksa potensi manfaat vaksin influenza atau flu musiman terhadap virus corona Covid-19.

Para peneliti menemukan bahwa ada bukti kuat kalau vaksin flu musiman membantu mengurangi risiko stroke, sepsis, dan trombosis vena dalam pada pasien virus corona Covid-19.

Devinder Singh, profesor bedah klinik di Miller School, mengatakan sekarang ini hanya sebagian kecil di seluruh dunia yang sudah menerima vaksin Covid-19 penuh. Tapi, ahli masih perlu mencuri solusi untuk menurunkan angka kematian akibat virus corona Covid-19.

"Tim saya telah mengamati hubungan antara vaksin flu musiman dan penurunan morbiditas pada pasien virus corona Covid-19. Kami memiliki akses ke data real-time dari jutaan pasien," kata Devinder dikutip dari Express.

Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Penelitian yang dipimpin di Singapura ini menggunakan catatan media pasien virus corona Covid-19 dari Inggris, AS, Jerman, Italia, Israel dan Singapura.

Tim menyaring data dari 74.700 pasien virus corona Covid-19 menggunakan database penelitian untuk mengidentifikasi dua kelompok dari 37.377 subjek.

Kedua kelompok diamati dari faktor-faktor yang bisa mempengaruhi risiko kerentanan mereka terhadap infeksi virus corona Covid-19 parah, termasuk usia, jenis kelamin, diabetes, dan obesitas.

Anggota kelompok studi pertama telah menerima vaksin flu dua minggu dan enam bulan sebelum tertular virus corona Covid-19. Peserta dari kelompok kedua didiagnosis positif virus corona tetapi belum vaksin flu.

Kemudian, mereka mengamati risiko sepsis, stroke dan trombosis vena dalam pada pra peserta penelitian dalam 30, 60, 90, dan 120 hari setelah dinyatakan positif virus corona Covid-19.

Hasil analisis mengungkapkan bahwa mereka yang tidak suntik vaksin flu lebih berisiko mengalami infeksi parah hingga menjalani perawatan intensif di ICU.

Peserta dalam kelompok itu juga 58 persen lebih berisiko dilarikan ke unit gawat darurat dan mengalami stroke ketika terinfeksi virus corona Covid-19.

Selain itu, merka juga 45 persen lebih berisiko mengembangkan sepsis dan 49 persen berisiko mengalami trombosis vena dalam akibat infeksi virus corona Covid-19.

Para peneliti mengamati temuan ini membuktikan bahwa suntikan vaksin flu bisa melindungi seseorang dari infeksi parah akibat virus corona Covid-19. Tapi, peneliti mengatakan bahwa risiko kematian akibat virus corona tidak berkurang atau meningkat dengan suntikan vaksin flu.

Meskipun masih belum jelas pengaruh vaksin flu dengan infeksi virus corona Covid-19, para peneliti berspekulasi bahwa vaksin flu meningkatkan sistem kekebalan bawaan sehingga memperkuat pertahanan tubuh seseorang.

Berita Terkait

Berita Terkini