Info

Hubungan Seks Bantu Tidur Lebih Nyenyak Saar Cuaca Panas, Kok Bisa?

Hubungan seks bisa membantu tidur lebih nyenyak ketika cuaca panas.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi hubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)
Ilustrasi hubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)

Himedik.com - Anda mungkin merasa lebih sulit tidur ketika cuaca panas. Tapi tak banyak yang tahu kalau hubungan seks bisa membantu tidur nyenyak saat cuaca panas.

Meskipun terdengar aneh dan tidak nyambung, berhubungan seks telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat, termasuk membantu tidur lebih nyenyak ketika cuaca panas.

Menurut James Wilson 'The Sleep Geek', pelepasan hormon ketika hubungan seks maupun pelukan bisa menempatkan Anda dalam kondisi sempurna untuk istirahat.

Pada wanita, kadar estrogen yang lebih tinggi bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Sedangkan, hubungan seks juga bisa memicu bahan kimia anti-stres dan membantu Anda berhenti bermain gadget.

Sebaliknya, kurang tidur bisa mendatangkan malapetaka pada kehidupan cinta Anda, seperti menurunkan gairah seks untuk keduanya dan menyebabkan beberapa masalah seksual pada pria.

Berikut ini dilansir dari Mirror UK, beberapa alasan bagaimana hubungan seks bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak ketika cuaca panas.

1. Hubungan seks membantu meningkatkan suasana hati

Wilson pun mengatakan bahwa hubungan seks bisa menjadi kontra-produktif untuk tidur, meningkatkan detak jantung dan melepaskan adrenalin.

Ilustrasi Tidur (freepik)
Ilustrasi Tidur (freepik)

Selain itu, hubungan seks juga membantu kita meras terhubung secara emosional dengan pasangan. Orgasme ketika hubungan seks juga berhubungan dengan hormon pelukan, seperti hormon prolaktin dan oksitosin.

"Hormon itu membuat kita merasa rileks dan tenang, sehingga bisa tidur nyenyak," kata Wilson.

Faktanya, hormon oksitosin telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat menarik lainnya bagi tubuh, termasuk mengingat kenangan masa kecil dengan lebih baik, memfasilitasi persalinan dan menyusui, serta mengurangi kecanduan narkoba.

2. Hubungan seks meningkatkan estrogen yang membantu tidur lebih nyenyak

Khususnya pada wanita, hubungan seks bisa membuat mereka tidur lebih nyenyak. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Women's Health, hal ini berkaitan dengan kadar estrogen meningkat yang membantu wanita tidur lebih nyenyak.

"Estrogen membantu tubuh menggunakan serotonin dan zat kimia saraf lain yang membantu tidur lebih nyenyak," kata Micahel J Breus.

Estrogen berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih tinggi, sehingga Anda tidur lebih nyenyak dan tidak berkali-kali terbangun di malam hati. Karena itu, Michael menggambarkan estrogen sebagai pelindung tidur wanita secara keseluruhan.

Ilustrasi (Shuttertsock)
Ilustrasi (Shuttertsock)

3. Hubungan seks meredakan stres

Hubungan seks juga membantu menurunkan stres, sehingga Anda akan tidur lebih tenang dan nyeyak tanpa beban pikiran di kepala. Wilson mengatakan hubungan seks juga mengurangi kadar kortisol, hormon yang meningkatkan stres.

Karena, tingkat kortisol yang lebih tinggi mengganggu siklus harian hormon lain, mengganggu pola tidur dan menyebabkan kelelahan. Masalahnya, semakin buruk tidur Anda maka semakin banyak kadar kortisol yang meningkat hingga menyebabkan stres dan kegelisahan.

4. Kurang tidur menyebabkan masalah gairah

Kurang tidur bisa berdampak pada kesehatan dan kehidupan seksual Anda. Satu studi pun menemukan masalah tidur bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria, masalah gairah dan orgasme.

Karena itu, hubungan seks akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan meningkatkan kembali hormon seks, seperti estrogen dan testosteron.

5. Menghindari ponsel atau TV

Hubungan seks juga cara terbaik untuk membantu kita menghindari layar ponsel maupun TV agar tidur lebih nyenyak. Karena, Dr Laura Deitsch, seorang seksolog dan konselor profesional klinis mengatakan menonton layar ponsel atau TV bisa membuat pola tidur lebih berantakan dan tidak nyenyak.

Berita Terkait

Berita Terkini