Info

Dokter Gia: Konsumsi Vitamin C 1000 Mg Per Hari Bisa Mengancam Kesehatan

Dokter Gia mengatakan, tubuh hanya memiliki kemampuan terbatas dalam menyerap vitamin C.

Yasinta Rahmawati

Vitamin C dalam buah jeruk. (shutterstock)
Vitamin C dalam buah jeruk. (shutterstock)

Himedik.com - Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, memenuhi asupan vitamin C yang merupakan zat gizi mikro atau mikronutrien sangatlah penting. 

Hanya saja, seorang pakar kesehatan melarang konsumsi vitamin C dosis 1000 miligram secara berlebihan karena dapat mengancam kesehatan. Hal ini diungkap praktisi kesehatan, dokter Gia Pratama.

Dokter Gia mengatakan, tubuh hanya memiliki kemampuan terbatas dalam menyerap vitamin C yaitu maksimal 2000 miligram per hari untuk orang dewasa.

"Sistem pencernaan manusia memiliki kemampuan terbatas untuk menyerap vitamin C. Berbagai studi memperlihatkan bahwa penyerapan vitamin C dalam tubuh mengalami penurunan hingga dosisnya tersisa kurang dari 50 persen," ujar dokter Gia dalam acara diskusi Redoxon beberapa waktu lalu.

Sehingga, apabila mengonsumsi dosis vitamin C yang melebihi kemampuan tubuh, ia akan terbuang melalui urine, yang artinya akan membuat kinerja ginjal jadi lebih berat karena harus menyaring dosis vitamin C yang dibutuhkan.

"Lalu, begitu jaringan tubuh mengalami kejenuhan vitamin C (atau kandungan berlimpah), maka jumlah yang berlebih akan terekskresi melalui urine," paparnya.

Kesimpulannya, kata dokter Gia, bagi orang dewasa sehat mengonsumsi vitamin C dosis tinggi memang tidak membahayakan, tapi akan jadi masalah bagi orang dengan gangguan ginjal, karena bisa memperparah pembentukan batu ginjal.

Terlebih untuk orang dengan gangguan pencernaan, asam lambung, diare, hingga nyeri perut, vitamin C bisa mengancam kesehatan.

"Artinya, pada individu yang sehat, vitamin C berdosis tinggi tidak membahayakan tubuh, asalkan tidak melebihi batas dosis maksimal 2000 miligram per hari," pungkas dokter Gia.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini