Info

Ini Cara Mengetahui Makanan Lewat Tanggal Kedaluwarsa Masih Layak Konsumsi

"Tanggal Kedaluwarsa" sendiri mengacu pada tanggal terakhir makanan harus dimakan atau digunakan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)

Himedik.com - Saat membuka kulkas atau ke dapur, kita kerap menemukan makanan sudah lewat tanggal kedaluwarsa.

Dikutip dari WebMD, "Tanggal Kedaluwarsa" mengacu pada tanggal terakhir makanan harus dimakan atau digunakan. Banyak orang mengartikan bahwa makanan yang lewat tanggal kedaluwarsa tidak boleh dikonsumsi lagi.

Tapi sebenarnya, tanggal kedaluwarsa ini mengacu pada kualitas, bukan keamanan. Tanggal yang tertera direkomendasikan untuk rasa atau kualitas terbaik.

Jadi, bolehkah tetap makan makanan yang melewati tanggal kedaluwarsa? Itu bisa dinilai dengan beberapa faktor, berikut dilansir dari Business Insider.

Menyimpan makanan dalam kulkas. (Shutterstock)
Menyimpan makanan dalam kulkas. (Shutterstock)

1. Tidak berbau tengik atau busuk

Penting untuk menggunakan indra penciuman Anda saat membaui makanan yang telah lama tersimpan di kulkas.

"Kalau baunya aneh, jangan diminum," kata Elizabeth Anderson, direktur komunikasi sains untuk Pusat Penelitian Keamanan Bahan di Michigan State University.

Perubahan warna, konsistensi, dan rasa juga bisa menunjukkan sudah waktunya membuang makanan yang sudah tersimpan lama.

Misalnya, salad sayuran yang berubah menjadi berlendir, coklat, atau kuning. Bau busuk tentunya adalah tanda pasti sayuran sudah tak layak konsumsi.

2. Tidak ada tanda-tanda muncul jamur

Jamur juga merupakan tanda pasti untuk membuang buah, roti, atau susu yang sudah lama. Kata Anderson, sepotong buah yang terkontaminasi jamur harus langsung dibuang ke tempat sampah.

Untuk roti, mungkin Anda tergoda untuk membuang bagian yang berjamur saja dan memakan sisanya. Tapi apa yang tampak seperti bintik kecil jamur bisa menembus lebih dalam ke roti daripada yang bisa dilihat mata. Untuk menghindari risiko, sebaiknya dibuang saja.

Makanan dan minuman di dalam kulkas [shuttertock]
Makanan dan minuman di dalam kulkas [shuttertock]

3. Makanan tersimpan di tempat kering dan sejuk

Penyimpanan makanan merupakan faktor penting dalam menghindari proses pembusukan. Menyimpan makanan Anda di lingkungan yang sejuk, gelap, dan kering akan membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan makanan yang ditinggalkan di meja di dapur yang cerah atau lembap.

Telur misalnya, bisa bertahan tiga hingga lima minggu di lemari es setelah tanggal pembeliannya.

Mungkin bermanfaat untuk memberi label makanan Anda dengan tanggal saat Anda membelinya atau tanggal untuk membuangnya, kata Anderson.

Berita Terkait

Berita Terkini