Info

Waspadai Setiap Perubahan Kuku Kaki, Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit ini!

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan perubahan kuku kaki.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kuku kaki, kaki, kuku (Pixabay/elenute20030)
Ilustrasi kuku kaki, kaki, kuku (Pixabay/elenute20030)

Himedik.com - Setiap perubahan kuku kaki bisa menandakan berbagai macam kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, tapi seringkali diabaikan.

Perubahan kuku kaki ini meliputi tekstur dan warna kuku. Dina Gohil, ahli penyakit kaki dan MD dan firma DG Podiatrist di Inggris, pun menjelaskan tanda-tanda masalah kesehatan mendasar dari kuku kaki Anda.

Berikut ini dilansir dari Express, 3 masalah kesehatan yang bisa terlihat dari perubahan kuku kaki.

1. Diabetes

Glukosa darah tinggi kronis berkaitan dengan komplikasi serius pada diabetes. Kondisi ini akan terlihat pada kuku kaki Anda.

Contohnya, perubahan kuku kaki yang menjadi kuning disebabkan oleh berbagai kebiasaan gaya hidup yang berbeda, termasuk merokok dan diet.

diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]
diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]

"Dalam hal ini, kuku akan tumbuh bersih kembali, tetapi Anda juga bisa menggunakan perawatan alami seperti minyak pohon teh dan vitamin E untuk mengatasi infeksi apapun," kata Dina Gohil.

Tapi, perubahan kuku yang menjadi tebal, rapuh, warna kuning kecokelatan atau buram cenderung menandakan infeksi jamur pada kuku. Jamur kuku adalah suatu kondisi yang menodai dan menghancurkan kuku dalam proses onikomikosis.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa jenis jamur berbeda, yang merupakan organisme mikroskopis terkait dengan jamur dan lumut. Masalah berkembang ketika jamur menginfeksi area di bawah permukaan kuku kaki.

Penderita diabetes cenderung rentan terhadap infeksi di dalam dan sekitar kuku, termasuk bakteri atau jamur. Tapi, ada penyebab lain kuku kaki menguning, meliputi:

  • Bronkiektatsis atau jalan napas yang terganggu
  • Infeksi paru-paru, seperti TBC
  • Terlalu sering menggunakan cat kuku
  • Penyakit kuning

2. Anemia atau malnutrisi

ilustrasi anemia (shutterstock)
ilustrasi anemia (shutterstock)

Anemia adalah suatu kondisi di mana darah membawa terlalu sedikit sel darah merah. Saat Anda menderita anemia, tubuh akan kekurangan hemoglobin, yakni protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Gejala utama anemia adalah kelelahan parah. Kondisi ini juga bisa muncul melalui kuku yang rapuh dan cekung yang disebut koilonychia. Meskipun anemia ringan cenderung jarang menunjukkan gejala, tapi kondisi ini bisa dideteksi dari tes darah rutin. Ada pula gejala lain anemia, termasuk:

  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Merasa pusing
  • Sakit kepala
  • Detak jantung dan pernapasan lebih cepat

Ada pula berbagai jenis anemia, termasuk anemia defisiensi vitamin, anemia penyakit kronis, anemia aplastik, anemia karena penyakit sumsum tulang, dan anemia sel sabit.

3. Kelainan tiroid

Kelainan pada tiroid juga bisa menyebabkan perubahan tekstur kuku, warna kuku dan perlekatan pada dasar kuku. Kuku yang rapuh bisa menjadi tanda tiroid terlalu aktif atau kurang aktif.

Beberapa tanda hipotiroidisme termasuk tonjolan putih vertikal pada kuku, kuku rapuh dan pertumbuhan kuku lambat. Kuku kaki juga bisa terlepas yang merupakan tanda penyakit tiroid.

Penyakit tiroid juga ditandai dengan ujung jari yang bengkak, kuku melengkung, dan penebalan kulit di atas kuku. Kondisi ini bisa didiagnosis dengan tes darah.

Tapi, minum vitamin tertentu, diet khusus, dan terapi penggantian hormon bisa membantu mengatasi tiroid.

Berita Terkait

Berita Terkini