Info

5 Makanan Tinggi Protein Selain Daging

Untuk memenuhi asupan protein, Anda bisa mengandalkan makanan berikut.

Yasinta Rahmawati

Olahan edamame. (pixabay/Siochina)
Olahan edamame. (pixabay/Siochina)

Himedik.com - Protein berguna untuk membantu membangun otot serta membuat perut terasa kenyang. Penelitian pun menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein dapat meningkatkan metabolisme dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Untuk memenuhi asupan protein, banyak yang mengandalkan makan daging. Memang daging adalah sumber makanan berprotein tinggi, tapi ada banyak makanan lain yang memiliki konsentrasi protein tak kalah tinggi.

Apa saja? Berikut dirangkum dari Eat This.

1. Tempe

Terbuat dari kedelai matang yang difermentasi, tempe adalah sumber protein yang sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian. Tempe memiliki lebih banyak serat daripada tahu serta protein yang jauh melampaui daging sapi. 100 gram tempe = 20,3 gram, 42,3% protein per kalori.

Tahu dan Tempe (shutterstock)
Tahu dan Tempe (shutterstock)

2. Brokoli

Brokoli penuh dengan vitamin dan mineral penting, ditambah dosis serat yang sehat. Tapi tahukah Anda bahwa brokoli termasuk salah satu sumber protein nabati terbaik? Sayuran silangan ini sangat rendah kalori dan mengandung jumlah protein yang menakjubkan. 100 gram brokoli = 2,8 gram, 33% protein per kalori.

3. Edamame

Sering dijadikan camilan, edamame merupakan makanan rendah lemak, tinggi serat, kaya antioksidan, dan sebenarnya dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Tapi banyak yang tidak sadar bahwa edamame juga tinggi protein. 100 gram edamame = 11,9 gram, 39,3% protein per kalori.

Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)
Ilustrasi bayam. (freepik)

4. Bayam

Bayam tidak hanya merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin A, C, dan K yang sangat baik, tetapi juga mengandung protein dalam jumlah yang mengejutkan. Faktanya, 100 gram bayam = 2,9 gram, 50% protein per kalori.

5. Jamur

Jangan meremehkan jamur yang terkadang cuma dijadikan topping ini. Hanya 22 kalori dalam satu porsi 100 gram, jamur memiliki 56% protein. Itu hampir dua kali persentase protein dalam daging giling. Dan karena jamur memiliki tekstur daging, mereka benar-benar bisa berfungsi sebagai pengganti daging sapi yang sempurna.

Berita Terkait

Berita Terkini