Info

Efek Samping Vaksin Moderna, Mulai dari Nyeri hingga Pusing

Apa saja efek samping vaksin Moderna.

Yasinta Rahmawati

Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Salah seorang nakes baru-baru ini menceritakan bagaimana efek samping vaksin Moderna yang ia rasakan. 

Dalam cuitan viral yang dibagikan oleh akun @cakasana pada 13 Agustus 2021, dia mengaku setelah disuntik vaksin Moderna badannya terasa seperti digebuki orang sekampung.

Diketahui, vaksin Moderna ini mulanya hanya diberikan pada nakes (tenaga kesehatan) sebagai booster atau vaksin dosis 3. Sekarang ini, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga mulai memberikan vaksin moderna dosis 1 dan 2 pada masyarakat (non-nakes).

Efek Samping Vaksin Moderna

Lantas, apa saja efek samping vaksin Moderna? Simak berikut ini penjelasannya menurut Komnas KIPI. 

Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), MTropPaed selaku Ketua Komnas KIPI menyampaikan bahwa efek samping dari vaksin Moderna tak jauh berbeda dengan efek vaksin Covid-19 lainnya. 

Timbulnya efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) ini cenderung masih bisa ditoleransi dengan tingkat keparahan pada level satu dan dua.

Umumnya, efek samping atau KIPI yang sering dirasakan yakni sebagai berikut:

  1. Nyeri
  2. Kelelahan
  3. Nyeri di tempat suntikan
  4. Nyeri otot
  5. Nyeri sendi
  6. Pusing

Keluhan-keluhan seperti yang disebutkan di atas, biasanya dirasakan juga setelah mendapatkan vaksin dosis kedua. Umumnya, keluhan efek samping tersebut sama baik untuk usia kurang dari 65 tahun maupun lebih dari 65 tahun.

Efikasi Vaksin Moderna

Diketahui, Vaksin COVID-19 Moderna ini memiliki tingkat efikasi atau kemanjuran 94,1 persen pada kelompok usia 18-50 tahun dalam membentuk imunitas tubuh, sehingga membantu melindungi tubuh dari paparan virus Covid-19.

Sedangkan pada kelompok usia 65 tahun ke atas, efikasinya mengalami penurunan mencapai 86,4%. Menurut hasil uji klinis (fase ke-3), vaksin Moderna juga aman diberikan pada kelompok masyarakat dengan penyakit penyerta (komorbid).

Adapun penyakit penyerta yang dimaksud seperti: jantung, paru kronis, obesitas berat, lever hati, diabetes, dan HIV.

Mari membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan vaksinasi, agar herd immunity segera terbentuk. Bagi masyarakat non-nakes, pastikan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2. 

Nah, demikianlah informasi mengenai efek samping vaksin Moderna yang perlu diketahui. Sangat disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi. 

(Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini