Info

Simak, Berikut Daftar Buah dengan Kandungan Gula Tertinggi dan Terendah

Meski gula alami dalam buah tak berbahaya, namun Anda tetap perlu membatasinya.

Fita Nofiana

Buah-buahan. (pixabay/couleur)
Buah-buahan. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Kadar gula alami dalam buah umumnya tidak berbahaya bagi tubuh.  Namun Anda perlu membatasinya, sehingga mengetahui kadar gula setiap buah sangat diperlukam. 

Meskipun Anda tidak perlu khawatir tentang gula dalam buah-buahan, namun Anda tetap perlu memperhitungkannya saat mengonsumsi beberapa buah.

Melansir dari Times of India, berikut rincian kandungan gula dalam buah-buahan dari yang tertinggi hingga terendah, antara lain: 

1. Buah dengan Kandungan Gula Tertinggi

  •  Mangga

Mangga mangga memiliki 45 gram gula per buah berukuran sedang. Jangan memilih mangga jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mengurangi asupan gula Anda.

  •  Anggur

Secangkir anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Anda dapat mengirisnya menjadi dua untuk mengonsumsinya secara perlahan dan mengonsumsi lebih sedikit gula. 

Simak, Berikut Daftar Buah dengan Kandungan Gula Tertinggi dan Terendah - 1
  • Ceri

Satu cangkir ceri memiliki sekitar 18 gram gula. Jadi, sebelum Anda duduk untuk makan buah ceri, ukur terlebih dahulu dengan tangan agar Anda tahu persis berapa banyak yang telah Anda konsumsi.

  • Buah pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 17 gram gula. Jika Anda mencoba untuk mengurangi gula, jangan makan semuanya, cukup taruh beberapa iris dalam yoghurt rendah lemak atau di atas salad favorit Anda.

  • Semangka

Irisan sedang buah musim panas ini memiliki 17 gram gula. Semangka sarat dengan air dan memiliki mineral khusus yang disebut elektrolit yang dibutuhkan tubuh Anda untuk hidrasi.

  • Pisang

Pisang adalah pembangkit energi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 14 gram gula. Anda dapat mengiris setengah pisang di sereal pagi Anda atau menghancurkan beberapa potong di tengah sandwich selai kacang Anda.

2. Buah dengan Kandungan Gula Terendah

  • Alpukat

Satu buah alpukat utuh hanya mengandung 1,33 gram gula. Anda bisa memasukkannya ke dalam salad, mengoleskannya di atas roti panggang atau menggunakannya dalam smoothie Anda. 

Tapi meski rendah gula, alpukat tinggi kalori. 

Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi alpukat (Pexels/Daria Shevtsova)
  • Jambu biji

Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung 5 gram gula dan 3 gram serat. Untuk mendapatkan lebih banyak serat, konsumsi jambu biji dengan kulitnya. 

  • Blewah

Satu irisan blewah hanya memiliki 5 gram gula dan hanya 23 kalori. 

  • Pepaya

Satu irisan pepaya memiliki sekitar 6 gram gula. Anda bisa menikmatinya dengan memeras jeruk nipis dan menaburkan garam laut di atasnya. Anda juga bisa menambahkannya ke yoghurt Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini