Info

5 Pakaian dan Aksesoris Ini Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Anda

Ada beberapa pakaian dan aksesoris yang bisa membahayakan kesehatan serta keselamatan Anda.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi wanita berpakaian, berpenampilan - (Unsplash/Amy Kate)
Ilustrasi wanita berpakaian, berpenampilan - (Unsplash/Amy Kate)

Himedik.com - Kebanyakan orang cenderung mengikuti trend daripada kenyamanan serta keselamatannya ketika berpenampilan. Padahal, banyak item pakaian dan aksesoris yang bisa membahayakan kesehatan serta keselamatan Anda tanpa disadari.

Karena itu, berpenampilan tidak hanya perlu memikirkan model pakaian dan aksesoris yang cocok. Tetapi juga pakaian dan aksesoris yang aman dan nyaman.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa pakaian dan aksesoris dalam berpenampilan yang bahaya untuk kesehatan maupun keselamatan diri sendiri.

1. Baju renang berwarna biru

Baju renang warna biru mungkin terlihat lebih menarik dan menyatu dengan warna air. Tapi, baju renang berwarna biru bisa berbahaya untuk keselamatan Anda ketika berenang, karena hampir tak terlihat dari permukaan.

Karena itu, lebih baik memiliki baju renang dengan warna yang lebih terang dan kontras, seperti merah, pink, orange atau kuning. Sehingga, penampilan Anda akan terlihat lebih menonjol di dalam air, baik di kolam renang, laut atau danau.

Ilustrasi baju renang biru. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi baju renang biru. (Pixabay/Engin_Akyurt)

2. Legging ketat

Pakai legging mungkin terasa lebih ringan dan Anda bisa memperlihatkan bentuk kaki yang indah. Tapi, keseringan pakai legging bisa menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, pemakaian legging bisa menciptakan lingkungan yang lebih lembab ketika Anda berkeringat. Sehingga, ini menjadi tempat yang terbaik untuk bertumbuh dan berkembangbiaknya bakteri.

3. Pakaian yang kebesaran

Saat ini berpenampilan menggunakan pakaian yang longgar memang menjadi trend. Tapi, pakaian yang terlalu longgar dan berat bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada leher dan punggung.

Lingkar lengan yang terlalu besar bisa menyebabkan ketegangan pada otot-otot tubuh, terutama ketika Anda memakai hoddie yang kebesaran. Tudung kepala pada hoddie yang dibiarkan menggantung di punggung bisa membuat ketidaknyamanan pada leher depan atau tenggorokan Anda, karena seperti tercekik.

4. Kacamata hitam

Anda mungkin senang memakai kacamata hitam untuk menghindari silai matahari. Penggunaan kacamata hitam juga bertujuan untuk melindungi mata dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Tapi, kacamata hitam yang tidak memiliki label UV 400 tidak akan memberikan perlindungan maksimal. Perlindungan UV tidak dapat ditentukan oleh kegelapan lensa.

Bahkan penggunaan kacamata hitam yang sembarangan bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya, yakni membuat pupil mata membesar karena tidak ada filter UV dan mata akan lebih rusak parah.

5. Rok span

Rok span mungkin akan membuat penampilan wanita terlihat lebih elegan dan feminim. Tapi, pemakaian rok span akan membuat gerak kaki Anda lebih terbatas. Akibatnya, penggunaan rok span bisa mengubah gaya berjalan Anda dan postur tubuh sehingga mengakibatkan sakit punggung.

Berita Terkait

Berita Terkini