Info

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol, Cobalah Makan Buah Semangka!

Makan buah semangka secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Shevinna Putti Anggraeni

Semangka. (pixabay)
Semangka. (pixabay)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi salah satu kondisi yang memicu sejumlah penyakit serius dan mematikan. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, pusing, dan masalah penglihatan.

Tapi, ada satu buah yang bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Salah satu buah ini adalah semangka yang mengandung 46 kalori per cangkir, tinggi vitamin C, A dan senyawa tanaman kesehatan lainnya.

Semua kandungan dalam semangka itu terbukti meningkatkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Tapi, dua asam amino dalam buah semangka, seperti L-citrulline dan L-arginine memiliki efek paling kuat.

Tekanan darah tinggi

Menurut Harvard Health, asam amino dalam buah itu bisa meningkatkan kadar oksida nitrat, zat yang bisa mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Profesor Arturo Figueroa dari Universitas Negeri Florida menemukan bahwa semangka dapat mengurangi tekanan darah pada seseorang yang kelebihan berat badan, baik ketika istirahat maupun stres secara signifikan.

Ilustrasi Semangka (freepik)
Ilustrasi Semangka (freepik)

Studi oleh Profesor Figueroa ini dilakukan selama 12 minggu yang fokus pada pria gemuk dan menderita tekanan darah tinggi. Studi ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus orang meninggal akibat serangan jantung dalam air dingin.

Sebab, suhu dingin bisa memicu lonjakan tekanan darah tinggi sehingga memaksa jantung berdetak lebih cepat. Kondisi ini membuat orang gemuk dengan tekanan darah tinggi rentan terhadap cuaca dingin.

Mereka pun membagi para peserta menjadi dua kelompok, yang mana kelompok pertama diberi 4 gram L-sitrulin dan 2 gram L-arginin per hari selama 6 minggu.

Sedangkan dilansir dari Express, kelompok kedua diberi plasebo. Kemudian, kedua kelompok itu saling bertukar posisi selama 6 minggu lagi.

Kemudian, kadar tekanan darah para peserta diukur ketika mereka berendam di air sedingin 4 derajat celcius. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa makan semangka memiliki dampak positif pada tekanan darah aorta dan parameter vaskular lainnya.

Profesor juga mengamati peningkatan substansial dalam stres jantung peserta saat istirahat dan selama terpapar air dingin. Artinya, semangka membantu mengurangi beban jantung, sehingga jantung bekerja lebih mudah ketika stres atau dalam kondisi dingin.

Kadar Kolesterol. (Shutterstock)
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

Kolesterol tinggi

Penelitian lebih lanjut juga telah menemukan bahwa semangka bisa membantu mengelola kadar kolesterol tinggi dalam darah. Khususnya biji semangka yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda mampu mengurangi kadar LDL dalam darah.

LDL adalah bentuk kolesterol yang menumpuk di arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Para ilmuwan yang melakukan penelitian pada tikus menemukan semangka mengurangi separuh tingkat akumulasi LDL di arteri.

Para peneliti dari Universitas Purdue juga menemukan makan semangka secara teratur bisa membantu mengendalikan penambahan berat badan dan menghasilkan lebih sedikit timbunan lemak di dalam pembuluh darah.

Tim peneliti percaya bahwa asam amino L-sitrulin dalam semangka bertanggung jawab atas pengelolaan LDL. Selain itu, semangka mengandung serat larut yang tinggi dan tidak bisa dipecah selama pencernaan.

Serat ini membantu mengisi tubuh dan mencegah peningkatan kadar kolesterol tubuh. Meskipun kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan jelas.

Berita Terkait

Berita Terkini