Info

Suasana Hati Sedang Buruk? Coba Lakukan Lima Hal Berikut

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat suasana hati memburuk.

Fita Nofiana

Ilustrasi wanita dengan masalah mental - (Pixabay/JerzyGorecki)
Ilustrasi wanita dengan masalah mental - (Pixabay/JerzyGorecki)

Himedik.com - Suasana hati yang buruk memang bisa terjadi kapan saja, dalam hal ini Anda bisa merasa suasana hati sedang buruk, frustasi, sedih, hingga kecewa. Di saat-saat seperti ini, mental Anda sedang benar-benar diuji. 

Melansir dari Healthline, saat Anda berada di fase merasa sedih, kecewa hingga frustasi, maka berikut lima cara mudah mengatasinya, antara lain:

1. Jalan-jalan di taman

Berjalan-jalan sebentar di taman terdekat, atau ruang hijau lainnya bisa membantu untuk menghilangkan suasana hati yang buruk. Berjalan di alam, pada kenyataannya  meningkatkan produksi hormon bahagia, pembawa pesan kimia yang membantu mengatur suasana hati.

Menghabiskan hanya 10 atau 15 menit di bawah sinar matahari juha dapat memicu produksi serotonin, bersama dengan lebih banyak endorfin, menghasilkan dosis besar bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. 

Ilustrasi jalan kaki (Shutterstock)
Ilustrasi jalan kaki (Shutterstock)

2. Tertawalah

Ada alasan bagus mengapa begitu banyak guru dan pembicara publik cenderung membuat  lelucon atau komentar jenaka. Hal ini disebabkan karena tertawa dapat membantu meredakan ketegangan dan membuat semua orang merasa sedikit lebih berenergi.

3. Coba aromaterapi

Indera penciuman Anda dapat berkomunikasi langsung dengan amigdala, bagian otak yang membantu mengatur emosi. Itu sebabnya aroma yang memicu kenangan positif atau nostalgia sering membantu meredakan ketegangan dan kecemasan. 

Hubungan antara otak dan indra penciuman Anda juga dapat membantu menjelaskan mengapa hal-hal yang berbau harum dapat membuat Anda merasa baik.

4. Pelukan

Pelukan dan kasih sayang fisik lainnya dapat memberi isyarat pada tubuh Anda untuk melepaskan oksitosin dan membantu Anda merasa lebih dekat dengan orang yang Anda cintai.

Ilustrasi Berpelukan. (www.pexels.com)
Ilustrasi Berpelukan. (www.pexels.com)


5. Telepon orang terdekat

Baik Anda baru saja melewati hari yang panjang dan melelahkan atau mengalami peristiwa yang membuat Anda stres, pesan cinta dan dukungan yang cepat dapat sangat membantu mengangkat semangat Anda.


Bahkan obrolan 5 menit dengan pasangan, sahabat, atau keluarga dapat meningkatkan semangat Anda dan membantu Anda menghilangkan suasana hati yang suram.

Berita Terkait

Berita Terkini