Info

Jangan Sampai Kekurangan Lemak Sehat Ini, Efeknya Picu Penuaan Dini

Mengalami kekurangan lemak sehat berikut bisa memicu penuaan dini pada kulit Anda.

Fita Nofiana

Ilustrasi wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah. (Shutterstock)

Himedik.com - Penuaan adalah kondisi kulit yang  tidak terelakkan. Meski penuaan di kulit akan muncul seiring bertambahnya usia, namun penuaan dini atau prematur sangat mungkin terjadi.

Melansir dari India Express, penuaan dini pada kulit bukan hanya terkait dengan cuaca atau produk skin care yang Anda gunakan. Apa yang Anda konsumsi juga bisa berefek pada munculnya keriput di kulit. 

Dalam hal ini ahli gizi dari India, Nmami Agarwal menjelaskan hubungan antara penuaan dini dan lemak. Ia menjelaskan, orang yang kekurangan lemak sehat bisa mengalami penuaan dini. 

"Sertakan asam lemak omega-3 dalam pola makan Anda. Tidak mendapatkan lemak ini sama sekali bisa menyebabkan penuaan dini," ujar Agarwal.

Menurut ahli gizi, asam lemak omega-3 ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari dan biji labu. 


"(Lemak omega) itu membuat kulit Anda bercahaya dan bebas kerut," imbuhnya. 

Sebelumnya, Agarwal juga telah menunjukkan tentang tujuh faktor terpenting yang dapat menyebabkan penuaan dini. Beberapa faktor tersebut yakni merokok, kecanduan alkohol, stres berlebihan, paparan sinar matahari yang berlebihan, suhu dingin yang ekstrem, kurangnya aktivitas fisik, dan kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan.

Ahli gizi tersebut juga mengatakan bahwa selain lemak omega, ada makanan tertentu yang dapat membantu mengakali proses penuaan. Makanan-makanan ini termasuk delima, alpukat, kiwi dan jeruk, tomat, teh hijau, dan kenari.

Berita Terkait

Berita Terkini