Info

Cegah Kanker Payudara, Yuk Perbanyak Konsumsi Lima Makanan Berikut

Lima makanan berikut disebut bisa membantu mencegah kanker payudara.

Fita Nofiana

Ilustrasi kesadaran akan kanker payudara - (Shutterstock)
Ilustrasi kesadaran akan kanker payudara - (Shutterstock)

Himedik.com - Kanker payudara menjadi yang banyak memengaruhi perempuan, bahkan juga bisa terjadi pada pria. Dalam hal ini ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya, salah satunya dengan pola makan sehat. 

“Ada banyak tindakan pencegahan yang dapat dilakukan pada tingkat individu untuk mengurangi risiko kanker payudara,"  kata Dr. Jyoti Wadhwa, direktur onkologi kepala, leher dan toraks, Onkologi Medis dan Haemato, Cancer Institute, Medanta seperti yang dikutip dari India Express.

"Meskipun faktor risiko seperti jenis kelamin, gen, riwayat kanker keluarga, usia, riwayat pribadi kanker payudara atau penyakit payudara proliferatif dan etnis tidak dapat dimodifikasi dan tidak dapat diubah, namun ada risiko yang dapat dimodifikasi,” imbuhnya. 

Pola makan adalah salah satu faktor yang dapat dimodifikasi dan pencegahan yang dapat ditingkatkan dengan memasukkan makanan tertentu dalam gaya hidup Anda.

Dokter Geetika Mittal Gupta dari India mengatakan bahwa sekitar 13 persen perempuan akan mengembangkan kanker payudara di beberapa titik dalam hidup mereka. 

Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara


“Itu sangat tinggi, jadi untuk melakukan segala kemungkinan, saya mencoba makan lima makanan yang meningkatkan kesehatan payudara,” tambah Mittal.

Melansir dari India Express, berikut beberapa makanan yang bisa mencegah kanker payudara, antara lain:

  • Kale: Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.
  • Berries (Strwaberry, blueberry, dan lain sebagianya) kaya akan antioksidan yang telah terbukti melindungi terhadap perkembangan dan penyebaran sel kanker.
  • Salmon: Ikan berlemak, seperti salmon, kaya akan lemak omega-3, selenium, dan antioksidan yang dapat melindungi dari kanker.
  • Brokoli: Sayuran cruciferous termasuk brokoli, mengandung senyawa glukosinolat yang memiliki kemampuan antikanker yang tinggi.
  • Kacang dan lentil: Keduanya penuh serat yang dapat melindungi dari kanker payudara

Berita Terkait

Berita Terkini