Info

Virus Corona Covid-19 Timbulkan Gejala Pada Mata, ini 5 Tandanya!

Ada beberapa gejala virus corona Covid-19 pada mata.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Enzim pengubah angiotensin 2-ACE2 adalah enzim yang digunakan virus corona Covid-19 menginfeksi tubuh. Enzim ini juga ditemukan di beberapa bagian tubuh, termasuk paru-paru, jantung, dan selaput mata.

Karena itu, tak heran virus corona Covid-19 bisa menular melalui mata atau pasien bisa mengalami gejala pada matanya ketika terinfeksi virus corona Covid-19.

Sebuah penelitian dalam Journal of Ophthalmic & Vision Research menemukan bahwa dari 8.200 orang dengan virus corona Covid-19, 11 persen orang memiliki gejala yang mempengaruhi bagian mata.

Parahnya lagi, 83 persen dari 932 pasien dengan gejala mata mengalami beberapa bentuk rasa sakit atau masalah kesehatan mata yang berbeda. Berikut ini dilansir dari Express, 5 gejala virus corona Covid-19 pada mata.

1. Mata kering

Banyak 16 persen pasien virus corona Covid-19 mengalami gejala mata kering. Kondisi ini terjadi ketika mata Anda tidak mampu menghasilkan pelumas yang cukup agar tidak kering, sehingga bisa menyebabkan mata gatal, Kemerahan dan penglihatan kabur.

Ilustrasi pasien virus corona Covid-19(Pixabay/Coyot)
Ilustrasi pasien virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

2. Mata Kemerahan

Sebanyak 13,3 persen orang juga mengalami mata Kemerahan, terutama di bagian putih mata. Mata merah ini biasanya disertai sensasi terbakar atau Kemerahan yang menyebar ke kelopak mata.

3. Mata gatal

Sebanyak 12,6 persen mengalami mata gatal ketika mereka terinfeksi virus corona Covid-19. Tapi, mata gatal ini mirip dengan gejala alergi dan demam. Mata gatal bisa semakin buruk hingga iritasi bila Anda menggosoknya. Karena itu, lebih baik membersihkannya setiap hari menggunakan kain bersin dan air dingin.

4. Sakit mata

Meskipun istilah sakit mata ini cukup luas, tapi 9,6 persen pasien Covid-19 mengalami sakit mata yang berbeda, dari iritasi ringan hingga parah. Peneliti dari Anglia Ruskin University menemukan 16 persen dari 83 pasien Covid-19 mengalami sakit mata.

NHS dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menambahkan konjungtivitis sebagai gejala virus corona Covid-19 yang kurang umum.

5. Mata keputihan

Sebanyak 8,8 persen pasien Covid-19 mengalami keputihan di salah satu atau kedua matanya. Keputihan ini cenderung terlihat seperti lendir berair yang berwarna putih, kuning atau hijau sebagai gejala lain dari konjungtivitis.

Beberapa ahli percaya bahwa gejala ini lebih umum terjadi pada pasien yang terinfeksi varian virus corona baru, terutama varian Alpha.

Studi lain juga menemukan bahwa sensitivitas cahaya atau fotofobia bisa disebabkan oleh virus corona Covid-19. Studi lain dari Universitas Anglia Ruskin menemukan bahwa 18 persen pasien virus corona mengalami fotofobia.

Berita Terkait

Berita Terkini