Info

Hanya Makan Bagian Putih Telur? Ini Efek Sampingnya

Ada efek samping utama dari sengaja hanya makan putih telur.

Yasinta Rahmawati

Telur. (shutterstock)
Telur. (shutterstock)

Himedik.com - Seseorang dengan kolesterol tinggi mungkin ragu untuk makan bagian kuning telur, sehingga hanya memakan putih telur saja. 

Tak hanya penderita kolesterol, banyak pula yang menganggap bagian kuning pada telur sering dianggap jahat karena mengandung banyak lemak sehingga tinggi kolesterol.

Dikutip dari Eat This, satu telur besar mengandung 187 miligram kolesterol, atau sekitar 62% dari Nilai Harian. Namun demikian, banyak penelitian belum dapat menunjukkan hubungan langsung antara kolesterol makanan dan kolesterol darah.

Seperti yang ditunjukkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, seperti es krim, daging merah, dan kue-kue mentega mungkin lebih mengkhawatirkan untuk kadar kolesterol darah.

Di sisi lain, ada efek samping utama dari sengaja hanya makan putih telur, yakni bisa kehilangan lemak sehat dan banyak vitamin, termasuk vitamin A, D, E, K, dan enam vitamin B yang berbeda.

Ilustrasi Telur. (Pixabay)
Ilustrasi Telur. (Pixabay)

Padahal, kuning telur kaya akan kolin, nutrisi penting yang secara alami terdapat dalam banyak makanan yang berbeda, seperti ayam, ikan, kubis Brussel, kentang, dan nasi.

Telur rebus adalah sumber nutrisi terkaya kedua, tepat setelah hati sapi. Kuning telur juga menawarkan sumber mineral yang kaya, terutama zat besi dan seng.

Berapa Jumlah Aman Konsumsi Telur dalam Sehari?

Dikutip dari Healthline, sayangnya tidak ada penelitian yang memberi makan orang lebih dari tiga telur per hari. Sehingga secara ilmiah, belum diketahui bagaimana efek sampingnya jika lebih dari itu.

Ada kemungkinan, meskipun bisa juga tidak, bahwa makan telur lebih dari jumlah tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Penting juga untuk diingat bahwa tidak semua telur sama. Sebagian besar telur di supermarket berasal dari ayam yang dibesarkan di pabrik yang diberi pakan berbahan dasar biji-bijian.

Telur yang paling sehat adalah telur yang diperkaya omega-3 atau telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput atau organik. Telur ini jauh lebih tinggi omega-3 dan vitamin penting yang larut dalam lemak.

Secara keseluruhan, makan telur sangat aman, bahkan jika Anda makan hingga 3 butir telur utuh per hari. Tapi tentu saja, setiap orang memiliki toleransi berbeda dalam mengonsumsi telur. 

Berita Terkait

Berita Terkini