Info

Deretan Tanda Awal Demensia, Salah Satunya Suka Lupa Nama Orang

Demensia bisa muncul dengan gejala awal yang sering kalo tak disadari.

Fita Nofiana

Ilustrasi sering lupa. (iStock)
Ilustrasi sering lupa. (iStock)

Himedik.com - Kelupaan yang berkepanjangan dan kronis dalam istilah medis disebut sebagai demensia. Penyakit ini paling sering dialami oleh orang lanjut usia. 

Melansir dari Times of India, demensia bukanlah istilah khusus. Ini adalah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan kondisi mental yang ditandai dengan gangguan setidaknya dua fungsi otak, seperti kehilangan memori dan penilaian. Penyakit alzheimer, demensia vaskular, dan parkinson semuanya berada di bawah kategori demensia.

Gejala lain dari demensia termasuk kelupaan, keterbatasan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir, kesulitan dalam memecahkan masalah, sulit untuk menulis atau berbicara dan keterampilan penilaian yang buruk. Secara lebih spesifik, berikut adalah lima tanda demensia, antara lain:

1. Lupa nama, janji temu, atau minum obat

Kelupaan umum terjadi pada penuaan dan kadang-kadang bahkan dikaitkan dengan kekurangan nutrisi. 

Bahkan orang-orang di usia paruh baya mereka melupakan hal-hal atau peristiwa dari waktu ke waktu karena stres atau jadwal yang sibuk. Tetapi mereka mengingatnya kemudian, sementara mereka yang demensia tak mengingatnya kembali.

Deretan Tanda Awal Demensia, Salah Satunya Suka Lupa Nama Orang - 1


Orang yang menderita demensia tidak mengingat apapun yang berhubungan dengan peristiwa tertentu. Mereka juga cukup sering melupakan janji dengan dokter.

2. Membuat kesalahan dengan uang

Mereka yang berurusan dengan demensia juga memiliki masalah dengan mengikuti rencana atau bekerja dengan angka. Mereka mungkin tidak dapat memecahkan teka-teki dan melakukan perhitungan besar. 

Kondisi mereka sangat parah sehingga mereka bahkan menghadapi kesulitan mengikuti resep yang sudah dikenal atau melacak tagihan bulanan. 

3. Tidak yakin dengan hari

Sebagian besar dari kita memang sering kali kesulitan mengingat hari. Namun pada orang dengan demensia, lebih kronis dan mereka hampir tidak pernah dapat melacak tanggal dan waktu dalam setahun.

4. Terkadang lupa kata-kata

Ilustrasi Pria Mengidap Demensia (Pexels/Harun Tan)
Ilustrasi Pria Mengidap Demensia (Pexels/Harun Tan)


Salah satu gejala demensia yang paling umum adalah mengalami kesulitan melakukan percakapan. Dengan orang yang menderita demensia, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengakhiri percakapan karena mereka sering lupa apa yang mereka katakan atau apa yang dikatakan orang lain. 

5. Sering membuat keputusan buruk

Sesekali berbuat salah memang manusiawi.  Kita semua salah menilai seseorang atau situasi dari waktu ke waktu dan itu benar-benar normal. Yang tidak normal adalah ketika sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan kesalahan yang sama. 

Mengulangi kesalahan yang sama dan sering membuat keputusan yang buruk bersama dengan gejala demensia lainnya menegaskan bahwa orang tersebut menderita kondisi kesehatan mental.

Berita Terkait

Berita Terkini