Info

Gairah Seks Wanita dan Pria Berbeda, Ini 5 Faktor Pemicunya!

Pria dan wanita memiliki tingkat gairah seks yang berbeda-beda.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi dorongan seksual, gairah seks. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi dorongan seksual, gairah seks. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Umumnya, orang yang masih usia muda memiliki dorongan seks yang lebih tinggi dan akan menurun seiring bertambahnya usia.

Penuaan bisa mempengaruhi libido seseorang secara alami. Selain itu, menurunkan kadar testosteron hingga hubungan rumit juga termasuk faktor yang mempengaruhi dorongan seksual.

Meskipun semua orang menginginkan kehidupan seks yang sehat, aspek libido yang berbeda dapat bervariasi pada pria dan wanita. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa hal yang menyebabkan libido wanita dan pria berbeda.

1. Pria memiliki gairah seksual lebih tinggi

Studi menunjukkan bahwa pria lebih banyak berpikir atau berfantasi tentang seks daripada wanita. Tapi, bukan berarti wanita tidak memiliki fantasi erotis. Sementara wanita juga mengalami tingkat libido yang tinggi, pria lebih konsisten dalam pendekatannya terhadap seks.

Ilustrasi hubungan seks, gairah seksual, dorongan seks (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)
Ilustrasi hubungan seks, gairah seksual, dorongan seks (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

2. Hasrat seksual wanita dipengaruhi secara sosial dan budaya

Berbeda dengan laki-laki, gairah seksual wanita lebih dipengaruhi oleh lingkungannya. Faktor sosial, peran gender, harapan masyarakat semuanya dapat mengarah pada sikap menindas pada perempuan.

3. Gairah seksual pria memuncak di usia muda

Tingkat testosteron pada pria muda lebih tinggi dibandingkan dengan pria usia tua. Karena itulah, mereka memiliki dorongan seks yang meningkat. Penuaan hanya menurunkan libido dan hasrat seksual berangsur-angsur berkurang.

4. Gairah seksual wanita meningkat seiring bertambahnya usia

Penelitian telah menemukan kepuasan seksual pada wanita meningkat seiring bertambahnya usia. Gairah dan momen orgasme yang sering berlanjut hingga usia tua, meskipun hasrat seksual rendah atau libido rendah.

5. Dorongan seks wanita berubah setelah hamil dan selama menopause

Mulai dari perubahan hormonal hingga depresi pascakelahiran, wanita mungkin mengalami dorongan seks yang lebih rendah setelah melahirkan. Demikian pula, ada banyak perubahan hormonal yang bisa mempengaruhi dorongan seksual seseorang selama menopause.

Meskipun cinta mungkin tidak pernah padam, dorongan seks Anda mungkin menurun saat Anda mencapai usia 50 tahun ke atas.

Berita Terkait

Berita Terkini