Info

Pasien Covid-19 Bisa Alami Perubahan Metabolisme, Apa Dampaknya?

Menurut penelitian, pasien Covid-19 berisiko mengalami perubahan metabolisme.

Fita Nofiana

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Studi baru  menunjukkan bahwa Covid-19 bisa memicu perubahan pada metabolisme

Melansir dari Healthshots, setelah memeriksa sampel darah dari hampir 200 pasien Covid-19, para peneliti telah menemukan perubahan metabolisme yang mendasar. Temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Biotechnology.

Penelitian ini menunjukkan perubahan metabolisme yang terkait dengan tingkat keparahan penyakit. Kondisi ini juga dapat digunakan untuk memprediksi kelangsungan hidup pasien.

"Kami tahu bahwa ada berbagai respons imun terhadap Covid-19, dan proses biologis yang mendasari respons tersebut tidak dipahami dengan baik," kata rekan penulis pertama Jihoon Lee, seorang mahasiswa pascasarjana di Fred Hutchinson Cancer Research Center.

"Kami menganalisis ribuan penanda biologis yang terkait dengan jalur metabolisme yang mendasari sistem kekebalan dan menemukan beberapa petunjuk tentang perubahan metabolisme kekebalan yang mungkin penting pada penyakit parah," imbuhnya. 

Ilustrasi Covid-19 [Foto: Antara]
Ilustrasi Covid-19 [Foto: Antara]


Pada studi ini, para peneliti mengumpulkan 374 sampel darah dan menganalisis plasma serta sel kekebalan tunggal. Analisis tersebut mencakup 1.387 gen yang terlibat dalam jalur metabolisme dan 1.050 metabolit plasma.

Dalam sampel plasma, tim menemukan bahwa peningkatan keparahan Covid-19 dikaitkan dengan perubahan metabolit, menunjukkan peningkatan aktivitas terkait kekebalan.

Selanjutnya, melalui pengurutan sel tunggal, para peneliti menemukan bahwa setiap jenis sel kekebalan utama memiliki tanda metabolisme yang berbeda.

Berita Terkait

Berita Terkini