Info

6 Bahaya Jika Pakai Earphone Berjam-jam, Salah Satunya Tinnitus

Pakai earphone terlalu lama bisa membahayakan telinga.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi earphone. (Pixabay)
Ilustrasi earphone. (Pixabay)

Himedik.com - Banyak orang menggunakan earphone hampir sepanjang waktu, baik itu untuk mendengarkan musik sambil bekerja, mengikuti zoom meeting, bermain game, hingga telepon. Bahkan ada yang punya kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik lewat earphone.

Dr. Manjusha Agarwal, konsultan penyakit dalam di Global Hospital Mumbai menyoroti lebih banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan pemakaian earphone dalam durasi yang panjang.

Dirangkum dari Healthshots, berikut beberapa masalah yang mungkin Anda alami jika memakai earphone selama berjam-jam:

1. Pusing

Memakai earphone untuk mendengarkan musik dengan volume suara keras dapat menyebabkan peningkatan tekanan di saluran telinga. Ini pada gilirannya akan memunculkan rasa pusing.

Kabel earphone [pexels].
Kabel earphone [pexels].

2. Gangguan pendengaran

Membiarkan earphone tetap terpasang untuk waktu yang lebih lama akan merugikan diri sendiri. Sebab kebiasaan mendengarkan melalui earphone dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen atau sementara.

3. Infeksi telinga

Earphone langsung dicolokkan ke saluran telinga dan menghalangi saluran udara. Hal ini dapat mengundang infeksi telinga. Sebab menggunakan earphone menyebabkan pertumbuhan bakteri dan tetap berada di barang tersebut.

Maka dari itu sebaiknya hindari berbagi earphone karena bakteri yang sama akan berpindah dari satu telinga ke telinga yang lain.

4. Tinitus

Suara keras dapat merusak sel-sel rambut di koklea yang menyebabkan suara menderu atau berdenging di telinga atau bahkan kepala. Suara ini disebut tinnitus.

5. Hiperakusis

Mereka yang menderita tinnitus rentan untuk mengembangkan sensitivitas tinggi bahkan terhadap suara lingkungan normal yang disebut hyperacusis.

“Penggunaan earphone tidak boleh lebih dari satu jam per hari. Pastikan Anda membatasi penggunaan dan mencegah sakit telinga atau gangguan pendengaran,” saran Dr Agarwal.

6. Sakit telinga

Jika Anda menggunakan earphone yang tidak pas di lubang telinga, dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di telinga bagian dalam.

Berita Terkait

Berita Terkini