Info

Pandemi Covid-19 Bisa Sebabkan Penurunan Gairah Seks, Ini 3 Pemicunya!

Ada beberapa kondisi ketika pandemi virus corona Covid-19 yang bisa memicu penurunan gairah seks.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi gairah seks - (Shutterstock)
ilustrasi gairah seks - (Shutterstock)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 bukan hanya penyakit pernapasan, tetapi juga masalah psikologis yang bisa mempengaruhi gairah seks seseorang.

Sebenarnya, banyak faktor yang bisa menyebabkan gairah seks rendah pada seseorang. Mulai dari hubungan yang tidak sehat dan kondisi fisik yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres.

Tapi, situasi pandemi virus corona Covid-19 yang menjauhkan kita dari orang-orang yang dicintai dan kekhawatirkan juga bisa menjadi faktor menurunkan gairah seks seseorang.

Sedangkan, intensitas seksual biasanya didorong oleh cinta, gairah dan keintiman. Semua itu kebanyakan tergantung pada tingkat emosi dan libido dalam tubuh.

Menurunkan gairah seks seseorang merupakan hal normal. Bahkan libido seks seseorang akan meningkat dari waktu ke waktu.

Selain itu, penyakit kronis, stres, hubungan asmara yang bermasalah, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang serta penuaan bisa menjadi alasan utama di balik dorongan seks yang rendah.

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara penyakit virus corona Covid-19 dan gairah seks. Para ahli telah mengindikasikan bahwa pandemi global mungkin telah mempengaruhi kita dengan cara menurunkan gairah seks pria dan wanita.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kecemasan, stres, kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, rendahnya harga diri dan lainnya. Dilansir dari Times of India, beberapa hal ini bisa menyebabkan menurunnya gairah seks seseorang selama pandemi virus corona.

Hubungan Seks, gairah seks (Elements Envato)
Hubungan Seks, gairah seks (Elements Envato)

1. Stres dan kecemasan

Saat tubuh berasa di bawah tekanan stres dan kecemasan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan epinefrin dalam jumlah berlebih yang menurunkan gairah seks

Sementara, hanya ada penelitian skala kecil yang telah dilakukan untuk menganalisis implikasi pandemi pada kecemasan dan tingkat stres masyarakat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menyatakan bahwa pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini bisa menyebabkan stres dan kecemasan.

2. Karantina

Bagi sebagian besar orang, karantina mandiri di rumah karena virus corona Covid-19 cukup memberatkan. Apalagi, situasi ini berlanjut dalam jangka waktu lama.

Meskipun hidup bersama memberikan beberapa keuntungan. Hal itu bisa menyebabkan masalah privasi bagi pasangan yang sudah lama tinggal bersama keluarga mereka.

Selain itu, tinggal dan menghabiskan waktu bersama pasangan setiap jam dalam sehari juga bisa menurunkan gairah seksual seseorang.

3. Sulitnya melakukan aktivitas sosial

Sejak pandemi virus corona Covid-19, semua orang lebih banyak di dalam rumah. Aktivitas sosial di luar pun mulai menurun, yang mengakibatkan gairah seks seseorang juga menurun.

Tapi, ada cara untuk mencegah terjadinya penurunan gairah seks selama pandemi virus corona Covid-19, yakni menjaga pikiran tetap positif dan sehat setiap waktu.

Selain itu, Anda juga perlu konsumsi makanan sehat, olahraga, menghindari minum alkohol dan merokok untuk menjaga gairah seks. Ingatlah, komunikasi dengan pasangan selama masa pandemi juga sangat penting.

 

Berita Terkait

Berita Terkini