Info

Mau Bugar dan Awet Muda, Coba Terapkan Kebiasaan Berikut

Beberapa kebiasaan sehat berikut bisa bantu mencegah penuaaan, apa saja?

Fita Nofiana

Ilustrasi di bawah sinar matahari. (pixabay)
Ilustrasi di bawah sinar matahari. (pixabay)

Himedik.com - Siapa sih yang tak mau tetap awet muda? Dalam hal ini tetap muda dan sehat ternyata bisa diusakahan melalui gaya hidup Anda. 

Melansir dari Eat This, berikut lima kebiasaan yang bisa membuat Anda awet muda dan tetap bugar, antara lain:

1. Batasi Paparan Sinar atahari

Terlalu banyak terkena sinar matahari dapat merusak kulit, menyebabkan perubahan jangka panjang seperti photoaging, penuaan dini pada kulit karena paparan sinar matahari. 

"Dalam photoaging, kulit mengembangkan kerutan dan garis-garis halus karena perubahan kolagen dari lapisan dalam kulit yang disebut dermis," catat Harvard Medical School. 

Untuk melindungi wajah awet muda Anda, kenakan pelembab wajah setiap hari yang memiliki setidaknya SPF 30 untuk melindungi dari sinar UV-A dan UV-B.

2. Berolahragalah Secara Teratur

Ilustrasi olahraga (unsplash.com).
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).


Untuk mencegah penuaan kulit secara dini, maka perbanyaklah bergerak.  Menurut American Academy of Dermatology, olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda. 

Para ahli termasuk American Heart Association dan American Cancer Society merekomendasikan 150 menit olahraga sedang per minggu untuk mencegah penyakit kronis.

3. Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Temuan dari studi penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan.

Ketika kita mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan, ia bereaksi dengan protein dalam tubuh, sebuah proses yang disebut glikasi. 

Kelebihan gula mengikat kolagen dan elastin, dua senyawa di kulit yang membuatnya tampak montok dan awet muda.

Ini menghasilkan produk akhir glikasi lanjutan yang merusak kolagen dan elastin yang memicu lulit kusam, kendur dan keriput.

4. Kurangi Stres

Seiring waktu, stres kronis dapat membuat kita menua pada tingkat sel. Harvard Medical School melaporkan bahwa stres kronis dapat memperpendek telomer, struktur di dalam setiap sel yang berisi informasi genetik. 

Saat telomer semakin pendek, sel menua dan akhirnya mati. Orang dengan telomere yang lebih pendek juga berisiko mengalami kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Tidur Cukup

Ilustrasi Tidur. (freepik)
Ilustrasi Tidur. (freepik)


Selama tidur, tubuh memperbaiki segala sesuatu mulai dari otak hingga kulit Anda. Jika Anda tidak mendapatkan tidur cukup, maka penuaan bisa muncul di wajah Anda. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology, perempuan yang mendapatkan kualitas tidur baik mengalami pemulihan penghalang kulit 30 persen lebih baik daripada mereka yang kurang tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini