Info

Berapa Kali Harusnya Kencing Setiap Hari? Simak Kata Ahli

Menurut ahli, berikut frekuensi buang air kecil yang dianggap sehat.

Fita Nofiana

Buang air kecil terlalu sering hingga melewati batas normal bisa jadi tanda penyakit kronis (Suara.com/Shutterstock)
Buang air kecil terlalu sering hingga melewati batas normal bisa jadi tanda penyakit kronis (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Seberapa sering Anda buang air kecil atau kencing memang tidak menentu  tiap harinya. Namun terlalu sering atau terlalu jarang bisa jadi tanda masalah kesehatan. 

Melansir dari Healthshots, mulai dari sering ke toilet di siang hari hingga keinginan untuk buang air kecil di tengah malam bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan Anda. Buang air kecil yang berlebihan tidak selalu menjadi penyebab minum air yang berlebihan,  itu bisa terjadi karena berbagai alasan.

Dalam hal ini, dokter Sarita Channawar, konsultan dokter kandungan dan kandungan, Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road membritahu seberapa sering sih harusnya kita kencing dalam sehari. 

"Pergi ke kamar mandi sekitar 4 hingga 10 kali untuk buang air kecil per hari adalah normal dan penting," kata Dr Channawar. 

Jumlah rata-rata,  kebanyakan orang buang air kecil adalah empat sampai tujuh kali dalam sehari. Tidak buang air kecil sama sekali atau hanya sekali atau dua kali sehari juga tidak sehat.

Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]
Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]


Dengan cara yang sama, jika Anda menyadari bahwa tiba-tiba, kencing Anda meningkat, kemungkinan Anda memiliki masalah frekuensi yang juga tidak normal. Berikut beberapa kondisi masalah kesehatan yang bisa membuat frekuensi buang air kecil tak normal, antara lain:

Dokter Channawar mengatakan kencing lebih sering bisa menjadi gejala dari banyak kondisi seperti sindrom kandung kemih yang terlalu aktif, kanker kandung kemih, ISK (Infeksi Saluran Kencing) atau masalah prostat.

Kehamilan dan diabetes juga bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. 

Berita Terkait

Berita Terkini