Info

Perhatikan Mikrobioma Usus Anda Jika Ingin Berhasil Menurunkan Berat Badan!

Mikrobioma usus ikut menentukan keberhasilan penurunan berat badan.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)
Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)

Himedik.com - Studi baru membuktikan bahwa penurunan berat badan seseorang kemungkinan ada hubungannya dengan mikrobioma usus mereka.

Mikrobioma merupakan mikroorganisme yang membantu memecah makanan di usus.

New York Post melaporkan para peneliti dari Institute for System Biology (ISB) di Seattle ingin mengetahui fungsi dari mikrobioma usus dalam hal penurunan berat badan.

Akhirnya, mereka melakukan penelitian dengan melacak mikrobioma pada 105 orang yang sedang menurunkan berat badan.

Mereka pun melihat setengah dari peserta sama sekali tidak mengalami penurunan berat badan meski sudah mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)

Kemudian ketika memeriksa mikrobioma usus peserta, peneliti menemukan peserta yang tidak mengalami penurunan berat badan memiliki mikrobioma dengan tingkat pertumbuhan bakteri yang lebih rendah daripada yang berat badannya turun.

Jadi, peneliti menarik kesimpulan bahwa orang yang ingin mencoba menurunkan berat badannya, lebih baik mencari cara untuk membuat mikrobioma mereka lebih beragam daripada hanya mengubah pola makan saja.

"Setidaknya studi ini mengarah pada diagnostik untuk mengidentifikasi mana orang yang akan merespon dengan baik terhadap perubahan gaya hidup sehat dan mereka yang mungkin memerlukan tindakan yang lebih drastis untuk menurunkan berat badan," kata asisten profesor ISB Dr. Sean Gibbons.

Berita Terkait

Berita Terkini