Info

Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Sindrom Anal Gelisah, Ini Maksudnya!

Ahli menemukan virus corona Covid-19 bisa menyebabkan dampak jangka panjang berupa sindrom anal gelisah.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi anal, sindrom anal gelisah. (pixabay/bru-nO)
Ilustrasi anal, sindrom anal gelisah. (pixabay/bru-nO)

Himedik.com - Banyak pasien virus corona Covid-19 mengalami gejala berkepanjangan yang disebut Long Covid-19. Gejala ini bisa berupa batuk terus-menerus, kelelahan hingga kehilangan indra penciuman dan perasa.

Tapi, berdasarkan laporan baru bahwa Long Covid-19 bisa berupa sindrom anal gelisah yang telah mempengaruhi seorang pria tua di Jepang. Pria itu sebelumnya terinfeksi virus corona Covid-19 dengan gejala ringan.

Pria asal Jepang usia 77 tahun itu didiagnosis mengalami sindrom anal gelisah, yang terkait dengan ketidaknyamanan pada bagian dubur setelah terinfeksi virus corona Covid-19.

Menurut dokter, lelaki tua itu merasakan dorongan untuk buang air besar (BAB). Tapi, buang air besar tidak mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanannya.

Bahkan dilansir dari Times of India, gejalanya akan memburuk di malam hari dan ketika istirahat. Hasil tes kolonoskopi pun menunjukkan bahwa ia tidak mengalami masalah kesehatan serius lainnya, selain wasir internal.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Menurut seorang dokter di Tokyo University Hospital, gejala yang dialami oleh pria tersebut sama seperti pasien restless leg syndrome (RLS). Restless Leg Syndrome adalah gangguan neurologis sendorimotor yang dipicu oleh disfungsi sistem saraf pusat.

Gejala Restless Leg Syndrome termasuk dorongan untuk menggerakkan kaki dan memburuk bila tubuh beristirahat. Dokter pun yakin bahwa sindrom anal gelisah termasuk varian Restless Leg Syndrome tak biasa yang terkait dengan virus corona.

Sebuah studi kasus juga menyatakan kondisi ini akan lebih ringan dengan mengonsumsi Clonazepam, obat yang digunakan untuk mengobati kejang. Selain itu, olahraga seperti berjalan atau berlari bisa memberikan rasa lega dan nyaman.

Berita Terkait

Berita Terkini