Info

Keramas di Malam Hari Tidak Menyehatkan? Begini Faktanya!

Bukan karena waktunya, tetapi kegiatan setelah keramas.

Rosiana Chozanah

Keramas (unsplash.com)
Keramas (unsplash.com)

Himedik.com - Satu-satunya cara menghilangkan kotoran di rambut setelah beraktivitas seharian, terutama di luar ruangan, adalah dengan keramas.

Tetapi lebih baik dipikirkan kembali apabila ingin keramas di malam hari. Bukan karena waktunya, tetapi kegiatan setelah keramas.

Berdasarkan Times of India, berikut tiga alasan keramas di malam hari menjelang tidur justru tidak sehat.

1. Rambut basah

Ketika keramas di malam hari, ada kemungkinan Anda akan tidur dalam kondisi rambut basah.

Membiarkan rambut basah saat tidur ternyata bisa membuat Anda sakit, serta rambut akan menjadi kusut dari biasanya. Ini terjadi karena kutikula rambut tetap terbuka setelah dicuci.

Terbukanya kutikula rambut juga alasan mengapa kita sebaiknya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah karena dapat menyebabkan kerontokan.

Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)

2. Pertumbuhan jamur

Tidur dengan kulit kepala basah dapat menyebabkan masalah rambut lain, seperti pertumbuhan jamur, ketombe, rambut rontok, dan infeksi. Ini terjadi karena kondisi kepala yang lembap.

3. Rambut kusut

Saat bangun di pagi hari, rambut akan terasa lebih kusut karena dibiarkan mengering selama tertidur. Terlebih saat tertidur kita sering bergerak yang membuat rambut semakin menggumpal dan berakhir lebih kusut dari biasanya.

Sebenarnya keramas di malam hari aman-aman saja asalkan saat tidur kondisi rambut sudah kering. Supaya tidak kusut, gunakan kondisioner setelah keramas.

Berita Terkait

Berita Terkini