Info

Jangan Lepas Alas Kaki Selama di Dalam Rumah, Ini Risikonya!

Kebiasaan melepas alas kaki selama di dalam rumah justru buruk untuk kesehatan dan penampilan kaki Anda.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi kaki, alas kaki (Pixabay/yogaphysique)
ilustrasi kaki, alas kaki (Pixabay/yogaphysique)

Himedik.com - Anda mungkin salah satu orang yang kebiasaan melepas alas kaki ketika berada di dalam rumah, baik untuk menjaga kebersihan rumah atau mengistirahatkan kaki setelah seharian memakai sepatu.

Namun, tidak memakai alas kaki ketika berjalan di rumah, rupanya juga bukan pilihan terbaik. Faktanya, berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah bisa berdampak tidak menyenangkan bagi kesehatan dan kecantikan kaki Anda.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa dampak tidak memakai alas kaki selama di dalam rumah.

1. Rentan terkena bakteri

Menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari tidak menjamin bahwa lantai rumah benar-benar bebas dari bakteri dan kuman. Kenyataannya, ada banyak debu di dalam rumah yang mengandung bakteri dan jamur berbahaya.

Jika tidak memakai alas kaki di dalam rumah, kaki akan lebih rentan terkena mikroorganisme yang bisa menginfeksi kulit. Pada akhirnya, mikroorganisme ini bisa menginfeksi kuku kaki dan menyebabkannya menjadi kuning serta rapuh.

Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput. (Pixabay)
Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput. (Pixabay)

2. Merusak kaki

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput atau permukaan keras seperti lantai sesekali mungkin terasa menyenangkan dan membantu menghilangkan stres. Namun, kebiasaan ini bisa merusak kaki tanpa disadari. Berjalan tanpa alas kaki di rumah setiap hari akan menyebabkan rasa sakit pada tumit karena keseringan menopang bagian dalam kaki.

3. Cedera

Berjalan tanpa alas kaki mungkin membantu kulit kaki Anda untuk bisa bernapas setelah seharian memakai sepatu. Walau begitu, keseringan berjalan di dalam rumah tanpa alas kaki juga dapat menyebabkan cedera. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa menyebabkan jatuh dan otot tertarik akibat jatuh.

4. Sakit punggung

Jika merasakan kaki pegal setelah berjalan tanpa alas kaki, itu ada alasan ilmiahnya. Berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang keras menyebabkan distribusi berat secara tidak merata di seluruh kaki. Ketidakseimbangan ini bisa memperburuk kelainan bentuk kaki dan memengaruhi bagian atas tubuh, menyebabkan lutut dan punggung terasa sakit.

5. Bau kaki

Berjalan tanpa alas kaki secara teratur bisa menyebabkan bau kaki yang tidak sedap. Sebab, bakteri di setiap sudut rumah dan kamar mandi lebih mungkin berkumpul di kaki yang tidak memakai alas kaki. Saat Anda berjalan tanpa alas kaki, kaki akan lebih mudah terkena infeksi yang bisa menyebabkan bau kaki.

Berita Terkait

Berita Terkini