Info

3 Gangguan Belajar yang Sangat Umum, Tetapi Jarang Diketahui

Gangguan belajar ini sangat umum diidap banyak orang, tetapi banyak yang tidak menyadarinya.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi anak belajar (pixabay)
Ilustrasi anak belajar (pixabay)

Himedik.com - Gangguan belajar atau ketidakmampuan belajar terjadi ketika seseorang kesulitan dalam memproses informasi atau keterampilan baru.

Kondisi ini sama sekali tidak berkaitan dengan kecerdasan maupun kemampuan kognitif. Lingkungan rumah atau sekolah yang buruk juga bukan menjadi penyebabnya.

Genetik, trauma psikologis maupun fisik, paparan racun di lingkungan, serta komplikasi sebelum lahir dapat menjadi penyebab dan memperburuk kondisi yang sudah ada.

Berdasarkan Health, berikut beberapa gangguan belajar paling umum yang di masyarakat:

1. Disleksia

Psikolog klinis Holly Schiff, PsyD, menjelaskan bahwa disleksia membuat pengidapnya kesulitan dalam hal membaca atau mengeja.

"Orang dengan disleksia kesulitan membaca karena mereka memiliki masalah dalam mengidentifikasi suara ucapan dan mempelajari bagaimana itu behubungan dengan huruf dan kata," jelas Schiff.

Ilustrasi Belajar Dari Rumah. (Pixabay)
Ilustrasi  kesulitan belajar. (Pixabay)

2. Diskalkulia

Bagi pengidap diskalkulia, segala macam keterampilan yang berhubungan dengan matematika seperti menghitung angka, menghafal aritmatika, dan perhitungan yang akurat, sangat sulit dilakukan.

"Diskalkulia umumnya mengacu pada masalah memperoleh keterampilan matematika dasar, tetapi tidak masalah dengan penalaran," kata psikolog klinis dan profesor Sabrina Romanoff dari Universitas Yeshiva, New York City.

3. Disgrafia

Schiff menjelaskan disgrafia merupakan gangguan kesulitan dalam menulis dan kemampuan motorik halus. Mereka akan sulit mengatur huruf, angka, atau kata.

"Apa pun yang berhubungan dengan huruf merupakan tantangan bagi pengidap disgrafia," ujar psikiater Ami Baxi, MD, dari Lenox Hill Hospital.

Selain itu, orang dewasa yang memiliki kondisi ini dapat mengalami kesulitan dengan sintaksis, tata bahasa, pemahaman.

Berita Terkait

Berita Terkini