Info

Jangan Takut Minum Kopi Setiap Hari, Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

Minum kopi setiap hari mungkin dikhawatirkan meningkatkan risiko penyakit tertentu, tapi ternyata justru sebaliknya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum kopi (Pixabay/eliasfalla)
Ilustrasi minum kopi (Pixabay/eliasfalla)

Himedik.com - Bagi pecinta kopi, minum kopi setiap hari sebelum beraktivitas mungkin sebuah keharusan. Tapi, Anda juga perlu membatasinya.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa minum kopi setiap hari berdampak pada risiko serangan jantung, stroke dan kematian dari semua penyebab.

Penelitian itu melibatkan 468.629 peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kebiasaan mereka minum kopi, yakni kelompok jarang minum kopi secara rutin, kelompok yang minum kopi 0,5 hingga 3 cangkir sehari dan kelompok yang minum kopi lebih dari 3 cangkir sehari.

Semua peserta yang mengikuti penelitian ini diamati selama 10 hingga 15 tahun, dengan rata-rata tindak lanjut 11 tahun. Kemudian, hasil penelitian disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, status merokok, aktivitas fisik, tekanan darah, diabetes, kolesterol, status ekonomi, asupan alkohol, asupan daging, teh, buah-buahan dan sayuran.

Hasilnya, orang yang minum kopi 0,5 hingga 3 cangkir per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah sebesar 12 persen, bila dibandingkan orang yang tidak minum kopi setiap hari.

Ilustrasi minum kopi. (Pixabay//Kejamy)
Ilustrasi minum kopi. (Pixabay//Kejamy)

Peneliti juga menemukan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah dan risiko stroke 21 persen lebih rendah di antara mereka yang minum hingga 3 cangkir kopi setiap hari.

"Analisis ini menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung lebih baik, dibandingkan orang yang tidak jarang-jarang minum kopi," kata peneliti dikutip dari Times of India.

Selain memiliki kondisi jantung yang lebih sehat, orang yang minum kopi dalam ukuran wajar atau maksimal 3 cangkir per hari terhindar dari efek merugikan akibat penuaan pada jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini